Menaklukkan Puncak Bumi
Sejarah umat manusia dapat dijelaskan sebagai salah satu kisah sejarah menaklukkan alam. Banyak negara memiliki tim pendakian gunung profesional yang telah menghabiskan banyak tenaga dan sumber daya material untuk pendakian ke puncak gunung dengan kondisi alam yang sangat keras.
Meskipun mendaki ke puncak gunung-gunung ini memiliki signifikansi besar untuk penelitian ilmiah, namun hal ini tidak dapat menghasilkan manfaat ekonomi secara langsung. Hingga saat ini sudah tak terhitung pendaki yang masih berlomba untuk mencapai puncak gunung tanpa ragu, berikut daftar puncak tertinggi yang berada di semua benua di dunia dan rasakan keberanian dan semangat petualangan dari para pendaki!
1. Puncak Vinson, Antartika
Puncak Vinson adalah puncak tertinggi di Antartika dengan ketinggian 5.140 meter di atas permukaan laut. Puncak Vinson juga merupakan puncak utama di Pegunungan Ellsworth, terletak di antara Sentinel dan Heritage Ridge. Koordinat Puncak Vinson terletak di 78 derajat 35 menit lintang selatan dan 85 derajat 25 menit bujur barat. Ditemukan pada tahun 1935 oleh penjelajah Amerika Ellsworth. Puncak Vinson adalah yang terakhir dari puncak tertinggi di semua benua yang dicapai. Membutuhkan pendaki yang berpengalaman untuk dapat menaklukkan dan menghadapi suhu yang sangat dingin, angin kencang, serta ketinggian yang luar biasa tinggi.
2. Gunung Everest di Asia
Gunung Everest terletak di Himalaya di perbatasan antara China serta Nepal, dan selalu tertutup salju sepanjang tahun. Puncaknya selalu pada suhu rendah sepanjang tahun. Gunung Everest berada pada ketinggian 8.848,86 meter di atas permukaan laut dan berkembang sebesar 1,2 sentimeter setiap tahun, menjadikannya puncak tertinggi di dunia. Gunung Everest berbentuk seperti piramida raksasa, dengan gletser besar hingga 26 kilometer panjangnya. Pendaki gunung asal Selandia Baru, Edmund Hillary, mencapai puncak Gunung Everest pada pukul 11 pagi tanggal 29 Mei 1953, menjadi orang pertama yang menaklukkan Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia.
3. Aconcagua, Amerika Selatan
Aconcagua adalah puncak tertinggi di Amerika Selatan dengan ketinggian 6.964 meter di atas permukaan laut. Ia termasuk bagian selatan dari Pegunungan Andes di Pegunungan Cordillera. Aconcagua adalah gunung berapi yang telah mati, dan merupakan puncak tertinggi di Bumi. Pada tahun 1897, manusia mendaki Aconcagua untuk pertama kalinya dan investigasi memastikan bahwa ia terdiri dari batuan vulkanik. Bentuk gunungnya seperti kerucut, dan puncak gunungnya memiliki kawah yang cekung. Ia adalah gunung berapi yang khas. Setelah memeriksa informasi tentang letusan gunung berapi di daerah ini, tidak ditemukan bahwa ia pernah meletus lagi setelah kedatangan manusia, sehingga menjadi gunung berapi mati tertinggi yang diakui di dunia.
4. Gunung Denali, Amerika Utara
Denali sebelumnya dikenal sebagai Gunung McKinley. Ini adalah satu-satunya puncak di Amerika Utara yang memiliki ketinggian lebih dari 6.000 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai puncak tertinggi di benua tersebut. Lokasinya yang sangat utara membuatnya menjadi gunung paling menonjol ketiga di Bumi setelah Everest dan Aconcagua, serta merupakan ketiga tertinggi dan paling utara dari tujuh puncak.
5. Gunung Elbrus, Eropa
Gunung Elbrus terletak di Pegunungan Kaukasus di Eropa dan merupakan puncak tertinggi di benua Eropa. Gunung Elbrus dikenal sebagai salah satu gunung paling indah di Eropa dan sebagai garis pembatas antara Eropa dan Asia.
6. Gunung Kilimanjaro, Afrika
Gunung Kilimanjaro terletak di Tanzania timur laut, sekitar 160 kilometer sebelah selatan Lembah Retakan Afrika Timur. Ini adalah gunung tertinggi di Afrika. Tubuh utama gunung membentang hampir 80 kilometer dari timur ke barat dan terutama terdiri dari tiga gunung berapi yang sudah mati yakni, Kibo, Mawensi, dan Gila.
7. Gunung Jaya, Oseania
Gunung Jaya, juga dikenal sebagai Gunung Kalamata atau Gunung Pearl, adalah puncak tertinggi di Oseania, yang terletak di Pegunungan Jayawijaya di Provinsi Papua, Indonesia. Ketinggian gunung ini antara sekitar 4.884 meter dan 4.884,43 meter.