Olahraga Bola Voli
Bola voli ditemukan pada tahun 1895 oleh seorang pekerja olahraga bernama William G. Morgan di Holyoke, Massachusetts, AS.
Saat itu, bola basket dan tenis merupakan olahraga yang sangat populer, tetapi Morgan ingin membuat proyek rekreasi dalam ruangan baru yang memberikan olahraga ringan dan kesenangan bagi pria dan wanita. Dia memutuskan untuk memodifikasi tenis dengan memainkannya di dalam ruangan. Untuk melakukan ini, dia menggantung jaring tenis di lapangan basket dan menggunakan bola basket sebagai pengganti bola tenis. Namun, ukuran lapangan basket yang kecil membuatnya sulit untuk dimainkan, dimana bola mudah keluar dari batas. Oleh karena itu, Morgan melakukan beberapa perbaikan pada peraturan dan bola. Dia mengubah aturan yang mengizinkan bola menyentuh tanah sebelum mengembalikannya. Ia juga mengubah ukuran dan berat bola, dengan keliling 25-27 inci dan berat 225-340 gram. Bola basket itu terlalu besar dan berat untuk permainannya, jadi dia menggunakan bola yang lebih ringan yang disebut basketball gut.
Teknik dasar permainan bola voli adalah passing, pad, serve, buckle, dan blocking.
1. Passing adalah tindakan memukul bola dengan kedua tangan (atau satu tangan) di dada dan di atas dengan bantuan ekstensi lengan melalui kekuatan pergelangan tangan dan jari-jari. Tujuan utama dari passing adalah mengoper bola yang diambil ke sisa tim untuk menyerang atau mengarahkan serangan.
2. Pad adalah tindakan teknis menggunakan bagian depan lengan bawah dengan kedua tangan untuk memukul bola keluar dengan kekuatan pantulan bola yang masuk dengan bantuan tindakan stomp dan arm lift. Pad banyak digunakan dalam permainan untuk menerima bola, dan menangkap bola yang diblokir. Ini adalah teknik penting untuk memperebutkan lebih banyak poin dan untuk mencegah permainan pasif.
3. Servis adalah tindakan teknis di mana seorang pemain melempar bola sendiri dan memukulnya dari jaring di dalam dua penanda ke area lapangan lawan dengan satu tangan. Servis adalah awal permainan dan serangan. Ini adalah satu-satunya tindakan teknis dalam teknologi bola voli yang tidak dibatasi oleh orang lain. Servis yang agresif tidak hanya dapat mencetak gol secara langsung, tetapi juga melemahkan atau bahkan menghancurkan serangan lawan, mengganggu penyebaran lawan, dan secara psikologis membuat lawan jera.
4. Buckle adalah tindakan teknis melompat ke udara dengan satu tangan untuk membuat ayunan melengkung dan memukul bola melewati area lapangan pihak kita ke area lapangan lawan dengan tangan dari atas jaring di dalam dua penanda. Buckle adalah senjata paling aktif dan efektif dalam permainan, jadi itu adalah alat utama untuk mencetak gol dan mendapatkan kekuatan.
5. Blocking atau memblokir adalah tindakan teknis pemain di depan jaring dengan menggunakan bagian tubuh mana pun di atas pinggang, terutama lengan dan telapak tangan, untuk memblokir tindakan teknis pihak lain yang memukul bola melewati jaring. Memblokir adalah garis pertahanan pertama dan bagian penting dari serangan balik. Memblokir jaring dapat menghentikan pembunuhan kuat lawan, mengurangi tekanan pada pertahanan barisan belakang, dan menciptakan kondisi bagi tim untuk mengatur serangan balik. Tujuan utama pemblokiran adalah untuk memberikan tekanan psikologis kepada lawan untuk memaksa mereka melakukan kesalahan.
Bola voli ditemukan di AS pada tahun 1895 oleh William G. Morgan sebagai proyek rekreasi dalam ruangan yang memberikan olahraga ringan dan kesenangan bagi pria dan wanita. Permainan ini telah berkembang dan menjadi olahraga populer di seluruh dunia.Teknik dasar bola voli meliputi passing, pad, servis, buckle, dan blocking, yang penting untuk mencetak gol dan mendapatkan kekuatan dalam permainan.