Meningkatkan Daya Ingat
Banyak orang pernah memiliki momen-momen kelupaan dari waktu ke waktu. Meski bisa menjadi kejadian yang sangat normal, memiliki ingatan buruk tetap saja dapat membuat frustasi. Genetika sangat berperan dalam ingatan yang buruk, terutama dalam kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer.
Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup juga berdampak besar pada memori. Merangkum Medical News Today, daya ingat cenderung akan berkurang pada keadaan-keadaan, sebagai berikut: Menghadapi kesibukan Beban informasi yang berlebihan Merasa cemas atau mengalami depresi Menderita penyakit kronis Usia lanjut Seiring berjalannya waktu, kemampuan otak pada manusia memang akan menurun akibat proses penuaan, termasuk kondisi kesehatan semakin kian lemah atau kurang baik.
Cara meningkatkan daya ingat Jika Anda kerap dihadapkan pada masalah kemampuan mengingat, akan lebih baik jangan putus asa dulu.
Melansir Health Line, tersedia sejjumlah cara meningkatkan daya ingat berbasis bukti yang dapat dicoba. Bagaimana saja caranya?
1. Kurangi konsumsi gula Makan terlalu banyak gula tambahan telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, termasuk penurunan kognitif. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet sarat gula dapat menyebabkan memori yang buruk dan volume otak yang berkurang, terutama di area otak yang menyimpan memori jangka pendek. Sebagai contoh, sebuah penelitian terhadap lebih dari 4.000 orang, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman manis seperti soda memiliki volume otak total yang lebih rendah dan ingatan rata-rata lebih buruk dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih sedikit gula. Mengurangi gula tidak hanya membantu daya ingat Anda, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
2. Biasakan untuk mengorganisir hal kecil. Sering kehilangan barang-barang kecil? Nah, untuk menghindari kebiasaan lupa ini, cobalah untuk merapikan barang-barang pribadi kamu dengan teliti. Mulailah dengan yang sepele, seperti membuang barang yang tidak terpakai, meletakkan kembali barang ke tempatnya, dan mengkategorikan barang. Dengan begitu, otak akan lebih fokus dan daya ingat tetap terjaga.
3. Luangkan waktu untuk meditasi Praktik meditasi dapat berdampak positif pada kesehatan Anda dalam banyak hal. Meditasi di antaranya dapat membuat rileks atau tenang, serta dapat mengurangi stres, rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan bahkan meningkatkan daya ingat. Faktanya, meditasi telah terbukti meningkatkan materi kelabu di otak. Materi kelabu mengandung badan sel neuron. Seiring bertambahnya usia, materi kelabu ini menurun, yang berdampak negatif pada memori dan kognisi. Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan ingatan jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, dari orang berusia 20-an hingga orang tua. Misalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Taiwan yang melakukan praktik meditasi seperti mindfulness memiliki memori kerja spasial yang jauh lebih baik daripada siswa yang tidak berlatih meditasi.
4. Mengonsumsi nutrisi penguat otak. Tak hanya melalukan tips meningkatkan daya ingat tadi, otak juga memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi optimal. Kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan seperti ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, teh hijau, dan kuning telur.
5. Melatih otak Melatih keterampilan kognitif dengan bermain permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat. Teka-teki silang, permainan mengingat kata, tetris, dan bahkan aplikasi seluler yang didedikasikan untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat memori. Sebuah studi yang melibatkan 42 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa bermain game di aplikasi pelatihan otak selama 8 jam selama periode 4 minggu meningkatkan kinerja dalam tes memori. Studi lain terhadap 4.715 orang menunjukkan bahwa ketika mereka melakukan program pelatihan otak online selama 15 menit selama 5 hari seminggu, memori jangka pendek, memori kerja, konsentrasi, dan pemecahan masalah mereka meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ditambah lagi. permainan pelatihan otak telah terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua.
6. Kurangi konsumsi alkohol Mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat merusak kesehatan Anda dalam banyak hal, termasuk bia berdampak negatif pada ingatan. Penelitian telah menunjukkan konsumsi alkohol berlebih dapat mengubah otak dan mengakibatkan defisit memori. Sebab alkohol menunjukkan efek neurotoksik pada otak. Berulang kali meminum alkohol maka dapat merusak hippocampus, bagian dari otak yang memainkan peran penting dalam memori. Jadi, menghindari asupan alkohol berlebihan dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan secara alami.
7. Istirahat yang cukup
Masih sering begadang nonton drakor? Eits, istirahat yang cukup juga ternyata berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan dalam mengingat, lho. Saat kamu tidur, ingatan akan menyusun kembali informasi yang telah didapatkan dan hal-hal apa saja yang sudah terjadi. Dengan tidur yang cukup sekitar 7-9 jam sehari, tubuh kamu akan terasa bugar dan terhindar dari stres. Tidur berkualitas juga akan membantu kamu dalam mengingat sesuatu yang baru.