Cara Memainkan Biola
Biola merupakan alat musik yang berbentuk hampir sama dengan gitar, perbedaannya adalah untuk memainkan biola harus menggunakan busur agar dapat membuyikan dengan dawai/senar. Alat musik biola dimainkan dengan cara digesek.
Mempelajari biola membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi mahir, namun dengan kesabaran, disiplin, dan semangat yang besar. Apabila kamu ingin belajar bermain biola. Terdapat beberapa hal penting yang kamu perlu perhatikan. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara bermain biola bagi pemula yang mudah untuk dilakukan.
Berikut adalah tutorial bermain biola yang mudah:
1. Kencangkan bow/busur (alat penggesek senar biola)
Rambut (bulu) pada bow biasanya dibiarkan lemas jika tidak dipakai. Hal tersebut dikarenakan kamu harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum dipakai.
Jangan gunakan jari kelingking kamu untuk mengukur, karena minyak alami pada kulit jari dapat berpindah ke rambut bow.
2. Gosok rambut bow dengan rosin (damar)
Rosin biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu yang berwarna gelap dan cerah. Menggosok rambut bow dengan rosin dapat membuat rambut bow menjadi sedikit lengket dan dapat mencengkeram senar biola ketika digesekan.
Gosok rambut bow dengan rosin secara lembut dari ujung ke ujung.
3. Menyetem senar biola
Kamu perlu menyetem senar biola untuk menghasilkan nada yang benar dan sesuai. Urutan nada pada senar biola mulai dari nada terendah hingga yang tertinggi adalah G-D-A-E.
Kamu dapat menggunakan tuner listrik ataupun peluit nada untuk membantuk menyetem senar biola.
4. Cara memegang bow (tongkat gesek)
Letakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (pada bagian yang sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan, sedangkan posisi jari tengah hingga kelilingking sejajarkan dengan jari telunjuk dan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung.
Pegang bow dengan santai sehingga sedikit fleksibel ketika digunakan untuk menggesek senar biola.
5. Cara memegang biola
Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola dengan tangan kiri dan letakkan pantat biola pada tulang bahu dan menempel ke leher kamu.
Jepit biola dengan tulang rahang kamu (bukan tulang dagu). Fungsinya agar posisi biola dapat stabil dan tidak melesek.
6. Sempurnakan posisi tangan
7. Mulailah belajar menggesek senar biola
Tips
Jangan menyimpan busur Anda dalam keadaan masih kencang/ belum dilonggarkan karena busur Anda akan rusak dan harga busur bisa jadi sangat mahal.
Berlatihlah dalam tempo yang pelan, kemudian mulai naikkan temponya secara bertahap. Sama seperti mengetik, pada akhirnya jari-jari Anda akan dengan sendirinya mengingat posisi-posisinya.
Jika Anda tidak memiliki uang untuk membeli biola, menyewa boleh dijadikan pilihan. Penyewaan biola harus sudah termasuk busur, kotak biola, dan senar.
Belajarlah dengan seorang guru, dan Anda akan mempelajarinya dengan lebih cepat. Carilah guru-guru di universitas setempat, perguruan tinggi, orkestra, dan beberapa sekolah tinggi. Jika Anda tidak bisa menemukan guru terbaik, teruslah mencari sampai Anda menemukan seseorang yang dapat membuat Anda merasa nyaman.
Bersihkan penumpukan damar pada biola Anda setiap habis sesi latihan. Gunakan kain yang lembut, kering dan bersih pada senar, di atas dan bawah papan jari, dan di sekitar jembatan. Jangan menyeka damar yang ada di rambut busur.
Akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menguasai biola, jadi bersabarlah.
Biola adalah benda yang sebaiknya dikeluarkan terakhir, tetapi pertama kali dimasukkan ke kotaknya. Biola lebih rapuh daripada penggeseknya dan dengan menjadikan biola sebagai benda pertama yang dimasukkan dan terakhir dikeluarkan akan mengurangi kemungkinan Anda menjatuhkan dan membuatnya rusak (karena biola tidak berada di luar kotak selama penggeseknya).
Selamat berlatih!