Taman Perdamaian
Waterton Glacier International Peace Park mencakup Taman Nasional Waterton di Kanada dan Taman Nasional Glacier di Amerika Serikat.
Untuk mengekspresikan keinginan kedua rakyat untuk hidup bersama dalam perdamaian dan berbagi kepentingan bersama umat manusia, kedua taman ini bergabung pada tahun 1932 untuk mendirikan taman perdamaian internasional pertama di dunia. Taman ini memiliki banyak danau glasial, pemandangan alpen yang megah, serta berbagai macam flora dan fauna. Sebagian besar puncak di taman ini berada di atas ketinggian 3.000 meter, dan terdapat hampir 50 gletser, sehingga banyak terdapat danau dan sungai.
Taman Danau Waterton dan Taman Glacier, merupakan dua taman nasional yang dikenal dengan pemandangan glasialnya yang indah. Danau Waterton adalah danau yang terkikis secara glasial, dan topografi lembah berbentuk U yang khas di Taman Nasional Glacier adalah sisa-sisa lembah yang terkikis secara glasial di masa lalu. Fitur lain yang mencolok dari pemandangan ini adalah gunung-gunung tinggi yang menjulang di atas padang rumput datar. Ini adalah hasil dari erosi kuat dari kaki gunung oleh gletser gunung dan gletser kontinental di masa lalu. Lapisan padang rumput yang bergelombang antara dinding gunung yang curam adalah hasil dari endapan yang tersisa dari akumulasi es di masa lalu, yang terbentuk setelah gletser meleleh dan mundur. Sekarang gletser di daerah ini telah lama meleleh dan mundur. Selain itu, di musim panas terdapat bukit dengan salju di atasnya. Danau besar dan gunung-gununglah yang menjadi pemandangan paling menarik di sini. Ada lebih dari dua ratus danau berlian yang tersebar di seluruh area, dan sungai-sungai yang panjangnya mencapai lebih dari 1.500 kilometer.
Taman ini adalah rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan, serta secara alami menjadi habitat bagi banyak predator mamalia besar seperti serigala, beruang, dan singa. Taman Nasional Waterton adalah satu-satunya tempat di 48 negara bagian Amerika Serikat, dimana sebagai tempat serigala, beruang, dan singa dapat berkembang biak secara alami. Taman ini memiliki 1.258 spesies pohon dan semak serta 275 spesies lumut kerak, 240 spesies ikan, dan lebih dari 60 spesies mamalia.
Ekologi alami dari kedua taman nasional ini layak mendapatkan perlindungan yang cermat, dengan pegunungan dan lembah yang dalam, sabuk hutan dan padang rumput, serta palung esberg dalam sungai dan danau yang mengalir ke tiga samudera. Tentunya sulit untuk menemukan konsentrasi ekosistem yang beragam seperti ini di satu area.
Selain itu, kenaikan cepat di lokasi dari zona padang rumput yang lembut ke Pegunungan Rocky membuat taman nasional ini menjadi tempat di mana terjadinya fenomena "gunung bertemu padang rumput".
Taman Nasional Waterton terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia. Waterton Glacier International Peace Park terletak di bagian paling sempit dari Pegunungan Rocky, melintasi perbatasan antara AS dan Kanada, dan untuk membuktikan credo bahwa sumber daya alam tidak memiliki batas nasional, maka tidak ada garis batas yang ditarik antara area ini di kedua negara.