Olahraga Bola
Olahraga bola adalah suatu istilah yang digunakan untuk olahraga yang menggunakan bola sebagai dasar permainannya. Jika jenis bola dibagi dalam beberapa kategori, maka olahraga bola secara kasar dapat dibagi menjadi empat kategori berikut: dimainkan dengan pemukul, olahraga yang memasukkan bola ke dalam goal atau gawang, bola dipukul di udara, dan memukul target yang ditentukan dengan bola.
Dalam sejarah olahraga modern, olahraga bola selalu memiliki peran yang sangat penting, baik dari segi popularitasnya di kalangan masyarakat umum maupun dari segi pengaruh tehadap berbagai acara olahraga, sehingga tidak diragukan lagi olahraga ini menjadi rajanya dunia olahraga. Berikut olah raga bola yang paling populer diberbagai kalangan masyarakat.
1. Olahraga Sepak Bola
Tidak dapat disangkal bahwa sepak bola adalah olahraga nomor satu di dunia. Kesampingkan populasi di bawah usia empat tahun, jumlah penggemar sepakbola mewakili hampir seluruh populasi manusia.
Final antara Prancis dan Kroasia di Piala Dunia 2018 saja menarik lebih dari 1,12 miliar penonton di seluruh dunia, yang cukup untuk mengalahkan 99% jumlah kehadiran gabungan dari acara olahraga tahunan lainnya.
2. Olahraga Basket
Selama beberapa dekade terakhir, bola basket juga telah berkembang pesat di seluruh dunia, dengan strategi 'globalisasi' NBA yang menjadi kekuatan pendorong di balik kesuksesan dan popularitasnya.
Strategi 'globalisasi' NBA telah menjadi kekuatan pendorong di belakang pertumbuhan olahraga basket selama beberapa dekade terakhir, dengan pemain seperti Jordan, Kobe, James, dan Curry yang telah menjadi ikon global di setiap puncak karir masing-masing dari mereka.
Dalam beberapa tahun terakhir, atlet basket terus menempatkan lebih dari 20 nama dalam daftar 100 besar atlet berpenghasilan terbesar majalah Forbes.
Modal tidak pernah berbohong, dan hal ini adalah catatan tambahan dari pengaruh besar bola basket di seluruh dunia. Ke depan, kemampuan untuk meningkatkan pengaruh turnamen basket seperti pada turnamen internasional FIFA akan menjadi faktor kunci dalam menentukan perkembangan bola basket di masa depan.
3. Olahraga Voli
Bola voli adalah olahraga yang juga populer di benua mana pun di dunia. Bola voli pantai berasal dari Amerika Serikat yang lahir pada abad ke-20 dan menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan oleh aktifitas di pantai-pantai California pada era 1950-an dan 60-an. Bola voli pantai putra dan putri menjadi olahraga resmi di Olimpiade ke-26 pada tahun 1996.
Olahraga voli menduduki peringkat dua teratas untuk olahraga terbaik dari segi jumlah liga profesional dan jumlah negara anggota yang terdaftar dalam WSA.
Meski demikian, terkecuali pada saat berlangsungnya Piala Dunia dan Olimpiade, olahraga voli masih kesulitan untuk masuk ke level media utama. Namun, sebagai olahraga yang banyak dimainkan di tingkat amatir dan semi profesional, bola voli tetaplah banyak digemari. Bola voli juga merupakan olahraga yang populer, baik untuk pria maupun wanita kalau dilihat dari penontonnya.
Kekurangannya adalah pada daya jual olahraga tersebut. Di benak banyak penggemar olahraga, rating tontonan bola voli putri lebih tinggi daripada bola voli putra.
Pemain bola voli di puncak piramida menghasilkan sekitar satu juta dolar setahun, dengan liga teratasnya mampu menggaji para pemain bola voli dengan kisaran $50.000 hingga $300.000. Jika Anda membandingkannya dengan sepak bola dan bola basket, bola voli akan jauh berbeda.
Manfaat dari berolahraga sebagai berikut:
1. Olahraga dapat membantu dalam pembakaran kalori, meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan gula darah, dan membantu mengendalikan diabetes.
2. Mengurangi resiko penyakit jantung.
3. Mengontrol berat badan dan menurunkan kadar kolesterol pada darah.
4. Mencegah osteoporosis.
5. Olahraga baik untuk menurunkan tekanan darah.