Metode Perawatan Gigi
Gigi adalah organ pencernaan yang penting dalam tubuh manusia. Mereka memainkan peran penting dalam mengunyah makanan dan biasanya merupakan langkah pertama dalam pencernaan makanan. Oleh karena itu, perlindungan gigi sangatlah penting.
Mengabaikan perawatan gigi dapat menyebabkan kehilangan gigi dan berbagai penyakit periodontal. Meskipun penyakit mulut tidak terlalu berbahaya bagi tubuh, namun penyakit ini dapat memengaruhi pola makan sehari-hari dan menyebabkan kekurangan gizi.
Ada beberapa tindakan pencegahan untuk perlindungan gigi dalam kehidupan sehari-hari, dan marilah kita lihat bersama-sama.
1. Pilih Sikat Gigi yang Lembut
Saat membeli sikat gigi, pilihlah kepala sikat kecil dan sedang dengan bulu tipis dan lembut. Khususnya pilih sikat gigi perawatan kesehatan dengan ujung bulu bulat yang tidak akan merusak gigi dan gusi Anda. Bulu sikat gigi yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada gusi, dan kebanyakan orang lebih suka menggunakan sikat gigi berbulu lembut karena tidak hanya nyaman tetapi juga dapat membersihkan mulut.
2. Pertahankan Kebiasaan Makan yang Baik
Dianjurkan untuk meminimalkan asupan makanan yang terlalu manis dan berminyak, kopi, teh kental, minuman bersoda, dan makanan atau minuman lain yang bersifat korosif pada gigi. Perhatikan untuk menghindari kekuatan berlebihan saat makan makanan keras, agar tidak merusak gigi. Makanan yang terlalu panas dan terlalu asam dapat sangat merangsang gusi ,oleh karena itu dianjurkan untuk makan sesedikit mungkin. Anak-anak harus melengkapi makanan mereka dengan makanan yang mengandung kalsium dan fluoride, yang memiliki efek tambahan tertentu dalam melindungi gigi.
3. Sikat Gigi Tepat Waktu
Gosok gigi setiap hari sekali saat bangun pagi dan sebelum tidur malam. Pastikan untuk berkumur setelah makan. Dibutuhkan 3-5 menit untuk menyikat setiap bagian gigi. Menyikat gigi sebelum tidur di malam hari sangat penting karena menghilangkan sisa makanan dan kotoran yang terkumpul di gigi selama tiga kali makan sehari. Bakteri tumbuh di mulut selama tidur, dan kotoran serta garam kalsium dalam air liur mengendap untuk membentuk plak dan karang gigi, yang dapat menyebabkan karies gigi dan penyakit periodontal seiring waktu.
4. Membersihkan Gigi Secara Teratur
Meskipun menyikat gigi dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif, kalkulus akan selalu terbentuk pada gigi Anda, yang tidak dapat dihilangkan dengan hanya menyikatnya saja. Membersihkan gigi secara teratur sama dengan meminta dokter melakukan pembersihan umum pada mulut Anda dan menghilangkan karang gigi berbahaya yang menumpuk dan biasanya tidak dibersihkan. Scaling gigi tidak hanya untuk membersihkan gigi atau perawatan kecantikan tetapi juga merupakan salah satu langkah penting untuk merawat dan mencegah penyakit periodontal. Oleh karena itu, disarankan agar orang dengan kalkulus gigi membersihkan giginya secara teratur, yang secara efektif dapat mencegah penyakit periodontal.
5. Gigi Bungsu Harus Dicabut
Saat gigi bungsu dicabut, bisa sangat menyakitkan. Terkadang, gusi dan leher menjadi merah dan bengkak, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala pada kasus yang parah. Setelah gigi bungsu tumbuh, dapat menyebabkan periodontitis gigi bungsu, dan sisa makanan dapat tersumbat di celah antara gusi dan gigi, menyebabkan peradangan, kemerahan, dan bengkak.
6. Perawatan Ortodonti Harus Dilakukan Sejak Dini
Biasanya, setelah gigi sulung diganti dengan gigi permanen baru pada usia dua belas atau tiga belas tahun, sebaiknya dilakukan perawatan ortodontik berurutan. Banyak orang merasa memakai kawat gigi itu tidak menarik, dan mereka enggan melakukannya. Jika mereka melewatkan masa perawatan dini, akan membutuhkan lebih banyak waktu dan energi.
Perlindungan gigi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mulut. Kita harus memperhatikan perawatan gigi dan mengikuti tindakan pencegahan yang disebutkan di atas untuk perlindungan gigi dalam kehidupan sehari-hari. Apabila Anda melakukan dan mengikuti metode-metode tersebut, maka tentunya akan membantu Anda dalam mencegah resiko erjadinya kerusakan pada gigi dan penyakit periodontal dan memastikan kesehatan gigi.