Pencuci Piring
Kita semua butuh makan setiap hari, jadi mencuci piring sudah menjadi salah satu pekerjaan sehari-hari. Tetapi banyak orang tidak suka mencuci piring, jadi bagaimana cara mencuci piring dengan bersih dan cepat?
Berikut terbagi menjadi sepuluh tips mencuci piring, yaitu :
1. Mencuci Piring Dengan Garam
Gunakan garam untuk menggosok mangkuk sehingga mudah menghilangkan kotoran yang menempel pada mangkuk telur atau benda kotor lainnya lalu bersihkan, dan selanjutnya bilas dengan air. Dengan cara ini mangkuk menjadi sangat bersih.
2. Tambahkan Kulit Lemon ke Dalam Air Pencuci Piring
Tambahkan beberapa irisan kulit lemon ke dalam air pencuci piring, Anda dapat secara efektif menghilangkan semua jenis bau pada piring. Jika terlalu banyak noda minyak pada piring, Anda juga bisa menggunakan kulit lemon untuk menyeka noda minyak tersebut. Mencuci piring dengan cara ini dapat menghemat banyak air, dan piring yang dicuci akan memiliki aroma yang segar.
3. Mencuci Piring Dengan Air Beras
Air beras sering dibuang sebagai limbah, tetapi sebenarnya air beras berguna untuk banyak tujuan, menggunakan air beras untuk mencuci piring dapat menghilangkan lemak, lebih sehat, higienis, tidak membahayakan, dan tentunya dapat menghemat air.
4. Air Pencuci Piring Dengan Tepung
Tambahkan sesendok tepung ke air pencuci piring, gunakan kapasitas adsorpsi partikel tepung untuk menghilangkan minyak, lalu bilas lagi dengan air sehingga mangkuk akan menjadi sangat bersih.
5. Menyortir
Jika Anda memasukkan semua jenis mangkuk ke dalam bak cuci, maka bak cuci akan menjadi berantakan, dan akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. Jadi jika Anda memilah piring sesuai dengan jenis dan tujuannya, akan sangat mudah untuk mencucinya. Misalnya, satukan cangkir dan gelas, lalu satukan semua mangkuk berminyak. Kebiasaan kecil bisa menghemat waktu dan tenaga, cobalah cara ini untuk membantu menghemat waktu Anda!
6. Cuci Dengan Air Mengalir
Setelah mencuci panci dan wajan dengan sabun cuci piring, bilas dengan air mengalir dan hindari sisa sabun cuci piring.
7. Gunakan Jumlah Detergen yang Tepat
Terlalu banyak sabun cuci piring akan membuang lebih banyak air dan meninggalkan lebih banyak residu sabun cuci di piring. Silakan gunakan sabun cuci piring secukupnya. Yang terbaik ialah menggunakan sabun cuci piring dapur yang ramah lingkungan untuk mengurangi pencemaran terhadap lingkungan.
8. Kenakan Sarung Tangan Pencuci Piring
Sebagian besar sabun cuci piring di pasaran dapat membahayakan tangan Anda, jadi sebaiknya kenakan sarung tangan saat mencuci piring agar tidak melukai kulit Anda dengan sabun cuci.
9. Perendaman Air Hangat
Jika makanan di dalam panci gosong dan menempel di panci, rendam terlebih dahulu panci di dalam air hangat. Jika tidak berhasil, gunakan sesendok soda fermentasi untuk merebus panci dalam air sebentar lalu gosok panci.
10. Keluarkan Minyak Dari Panci dan Wajan
Jika Anda meletakkan panci dan wajan yang mengandung banyak minyak langsung ke bak cuci, air akan menjadi kotor, jadi gunakan tisu dapur untuk menghilangkan minyak dari panci dan wajan.