Bepergian Saat Pandemi
Sejumlah destinasi wisata di Indonesia telah dibuka dengan berbagai protokol kesehatan yang ketat.
Setiap pengunjung yang ingin masuk wajib mematuhi sejumlah ketentuan baru yang menyesuaikan dengan situasi pandemi saat ini.Untuk itu, persiapan yang matang sebelum bepergian atau berwisata menjadi hal yang wajib dilakukan.
Spesialis kesehatan paru dari Cleveland Clinic Joseph Khabbaza mengatakan, ada cara tersendiri untuk meminimalisir risiko penyebaran virus Corona saat kita bepergian. "Saat Anda merencanakan perjalanan, ada baiknya untuk memperhatikan setiap kemungkinan yang akan Anda hadapi," ucap dia.
Dengan begitu, kita bisa lebih menjaga diri dan orang-orang yang bepergian bersama kita agar tetap aman dan sehat.Berikut sejumlah tips persiapan sebelum bepergian:
Siapkan perlengkapan sanitasi
Selain membawa baju dan perlengkapan lain yang Anda butuhkan selama perjalanan, jangan lupa untuk membawa perlindungan ekstra. Bawalah masker lebih dari yang Anda butuhkan untuk berjaga-jaga. Selain itu, jangan lupa pula untuk membawa sarung tangan, face shield, hand sanitizer, dan perlindungan yang lain.
Jika berencana untuk makan di tempat, siapkan disinfektan yang memiliki label food grade agar aman untuk membersihkan alat makan. Tak ada salahnya juga membawa sabun atau tisu sendiri.
Bawa alat makan dan mandi sendiri
Jika merasa ragu akan kebersihan dari tempat yang dikunjungi, sebaiknya bawa alat-alatnya sendiri dari rumah termasuk soal alat mandi. Saat ini, sudah banyak tersedia paket peralatan makan yang mudah dibawa-bawa.
Unduh aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat Indonesia yang ingin beraktivitas di tempat umum, seperti masuk pusat perbelanjaan atau tempat wisata. Daftarkan data diri yang diminta untuk bisa menggunakannya.
Tujuannya adalah agar pengguna dapat dikenal sebagai warga negara yang aman dan tidak akan menularkan virus Covid-19 di tempat umum. Jangan lupa juga kumpulkan informasi mengenai destinasi wisata yang dituju demi keamanan.