Wow! Indah Sekali!
Bukan pantai saja lho yang bisa memanjakan mata kamu dengan hamparan pasir berwarna pink nan indah. Sebab, banyak pula danau di dunia ini yang bisa memanjakan mata kamu dengan hamparan air berwarna pink alias merah muda.
Pada umumnya, danau berubah merah muda adalah akibat salinitas yang sangat tinggi dan menyebabkan beberapa mikroorganisme penyuka garam mengubah warna air tersebut.
Di antara banyaknya danau berwarna merah muda, inilah 4 yang terbaik di antaranya dan pastinya bikin kamu terpana. Tertarik untuk berkunjung?
1. Lac Rose
Danau garam di dunia yang satu ini dikenal dengan nama Lac Rose, yang berarti Danau Merah Muda. Lac Rose ini berada di utara semenanjung Cap Vert di Senegal.
Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki perairan berwarna merah muda dikarenakan ganggang Dunaliella salina. Kandungan garam di danau ini juga cukup tinggi, mencapai 40 persen. Hal ini disebabkan oleh masuknya air laut dan penguapan berikutnya. Sama halnya dengan Laut Mati, orang yang berenang disini bisa mengapung dengan mudah.
2 Kati Thanda-Lake Eyre
Danau garap di dunia yang terakhir adalah Kati Thanda-Lake Eyre. Danau sepanjang 144 kilometer dengan lebar 77 kilometer ini merupakan danau terbesar di Australia, tepatnya sekitar 647 kilometer timur laut Adelaide.
Danau ini terbentuk sekitar 200 juta tahun lalu dan merupakan titik terendah di bawah permukaan laut Benua Australia. Saat permukaan laut sedang rendah, kamu bisa melihat permukaan kristalnya yang berkilauan. Sementara jika sedang banjir, ikan akan berkumpul di saluran, ribuan burung air turun serta bunga liar menyelimuti dataran banjir.
Air danau ini bisa berubah merah muda yang indah saat air mulai menguap. Hal ini disebabkan oleh pigmen yang ditemukan dalam jenis alga yang menyukai garam tertentu.
3.Danau merah muda Torrevieja
Fenomena alam ini unik di spanyol, diproduksi oleh bakteri yang melepaskan pigmen merah muda dalam air dengan konsentrasi tinggi garam. Dalam kasus Laguna Rosa, 350 gram per liter air, konsentrasi yang sangat mirip dengan Laut Mati.
Selain menjadi tontonan visual, itu juga itu adalah danau garam paling produktif di benua Eropa. 800.000 ton garam ditambang setiap tahun untuk diekspor ke Eropa Utara dan AS untuk keperluan industri, dari garam penghilang lapisan es hingga garam pencuci piring. Meskipun juga memiliki kegunaan makanan, seperti ikan asin.
4. Lake Hillier, Australia
Danau Hillier terletak di Middle Island, Autralia Barat. Garam, pohon paperbark, dan pohon eucalypt mengelilingi danau berwarna merah muda ini. Karenanya, kamu tidak bisa menjamah secara langsung.
Kendati demikian, kamu bisa melihat keindahan Danau Hillier melalui tur udara atau berkeliling sekitar danau dengan perahu. Spesies mikroba alga, Dunaliella Salina adalah penghuni sejati Danau Hillier. Itulah sebab Danau Hillier berwarna pink yang sangat memanjakan mata.
Semoga Anda menikmati artikel ini!