Gunung Bersalju
Jika Anda sudah biasa mendaki gunung-gunung dengan karakteristik hutan hujan tropis di Indonesia, ada pilihan gunung-gunung bersalju yang menawarkan sensasi petualangan lain. Namun, tentu persiapan yang dibutuhkan berbeda dengan pendakian-gunung-gunung di area tropis.
Para pendaki mengenakan sepatu dengan cakar besi (crampons) ketika mendaki gunung bersalju. Crampons merupakan peralatan tambahan berupa cakar besi yang dipasang pada hiking boots. Dengan adanya cakar besi di sepatu gunung, pendaki dapat bergerak lebih cepat, tidak mudah tergelincir dan aman di jalur pendakian bersalju.
Crampons memiliki desain berupa gerigi-gerigi besi yang tajam dan kuat, sehingga mampu mencengkeram lapisan es dengan kuat. Pemasangan cakar besi pada sepatu gunung mampu mencegah pendaki tergelincir atau terjatuh ke jurang saat mendaki gunung bersalju. Selama teknik pemakaian crampons benar, pendaki dapat berjalan dengan aman dan nyaman pada medan pegunungan bersalju.
Sejak itu terjadi tren pergeseran dalam memahami aktivitas luar ruang mendaki gunung, dari seharusnya olahraga dengan unsur petualangan dan risiko, menjadi semata-mata rekreasi atau kegiatan wisata.
Tak jarang ditemui pendaki dadakan dengan pengalaman dan pengetahuan alakadarnya. Tak heran, selalu ada berita kecelakaan di gunung karena faktor kesalahan manusia.Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips ini sebelum mendaki gunung bersalju.
1. Mencegah hipotermia
Hipotermia. Inilah musuh utama pendaki gunung. Terserang kedinginan yang amat sangat. Hipotermia terjadi manakala suhu tubuh turun di bawah 35 derajat celcius, turun dari batas normal suhu tubuh manusia antara 36,5-37,5 derajat celcius.
Pengetahuan mencegah hipotermia sangat vital dan sengaja diletakan dalam peringkat pertama, karena mempengaruhi apa yang perlu dipersiapkan dan dibawa saat mendaki gunung, mulai dari jenis pakaian, makanan atau logistik, pengaturan makan, menghindari badan basah, dan menjaga kualitas tidur.
2. Teknik pengepakan
Pengepakan barang (packing) nampak sederhana, cuma memasukan barang-barang ke dalam ransel. Tapi, sebenarnya, ada teknik khusus agar pengepakan efisien dan ransel nyaman digendong.
Sangat penting memastikan hanya barang-barang wajib yang dibawa mendaki gunung. Takaran harus pas dan pastikan tidak berlebihan. Singkirkan barang-barang yang tidak begitu penting dan pada akhirnya hanya akan membebani punggung.
Biasakan membuat semacam daftar perlengkapan (gears list) yang akan dibawa secara tertulis. Checklist satu per satu. Ini untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.
Semoga Anda menikmati artikel ini!