Formasi Batuan
Beberapa formasi batuan terbentuk secara alami oleh alam selama jutaan tahun lalu. Angin, hujan dan erosi adalah faktor utama pembentuk suatu formasi batuan. Itulah salah satu kehebatan alam, di mana manusia tidak mungkin bisa meniru kehebatan itu.
Dari sekian banyak formasi batuan yang ada di dunia ini, berikut 5 formasi batuan paling menakjubkan yang mungkin Anda akan bermimpi untuk berfoto di sana.
1.Delicate Arch
Batu yang berbentuk seperti pintu gerbang ini lebih dikenali sebagai Delicate Arch yang terletak di Utah, Amerika Syarikat dan sangat terkenal di serata dunia.
Ia adalah sebuah batu misteri yang hanya berdiri tegak secara bersendirian tanpa batu-batu lain dikawasan itu yang ketara sepertinya. Kehadiran batu ini telah menjadi satu simbol kebanggaan bagi negeri Utah sendiri.
2.Pokok Batu
Sebuah batu yang terhasil akibat hakisan, pembentukan tiupan angin dan juga pasir telah membentuk sebuah batu yang kelihatan seperti sebatang pokok.
Pokok batu ini terletak di kawasan tinggi di Atiplano, Bolivia dan merupakan salah sebuah kawasan yang paling cantik pemandangannya di dunia.
3. The Pinnacles
The Pinnacles menjulang dari atas pasir di Nambung National Park di Australia, sekitar 250 kilometer sebelah utara Perth.
Ada puluhan ribu bebatuan yang menjulang, beberapa di antaranya bahkan memiliki ketinggian hingga lima meter.
Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati pemandangan The Pinnacles adalah saat pagi hari atau siang menjelang sore, di mana sinar matahari membuat bebatuan berkilau dengan nuansa warna oranye kecokelatan seperti madu.
4. Monument Valley
Monument Valley merupakan wilayah Colorado Plateau yang menyimpan banyak batu pasir dengan ukuran yang luas. Batu terbesar tercatat memiliki luas 300 meter. Kawasan ini terletak di jalur Arizona dekat daerah Four Corners.
5. Cappadocia
Cappadocia merupakan wilayah bersejarah di Central Anatolia, Provinsi Nevsehir, Turki. Relief di kawasan ini terdiri dari dataran tinggi lebih dari 1.000 meter. Cappadocia memiliki iklim kontinental, di mana cuaca akan sangat panas saat musim panas dan cuaca akan sangat dingin saat musim dingin. Curah hujan di kawasan ini terbilang sangat jarang. Tapi tetap kawasan ini menjadi favorit wisatawan untuk dikunjungi.
Terima kasih sudah membaca!