Pakaian Anak
Saat anak baru lahir, orang tua mungkin akan perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk merawatnya, baik secara fisik maupun mental. Seperti pemilihan pakaian, bayi di tahun pertama perkembangan, pertumbuhan dan perkembangan fisik, perkembangan keterampilan motorik, dll, akan terjadi dengan berbagai tahapan perubahan yang sangat nyata. Semua orang tua mencoba memilih gaya pakaian terbaik untuk bayi mereka sesuai dengan karakteristik perkembangannya.
1. Umur 0-2 Bulan
Tubuh bayi baru lahir masih lembek, terutama otot kepala dan lehernya yang masih belum berkembang, untuk pakaiannya, perlu berpakaian dan membuka pakaian dengan ekstra hati-hati. Jadi siapkan penutup miring, tipe strap, aman dan nyaman untuk lebih mudah dipakai dan dilepas. Sekaligus juga bisa mengatur lebar baju sesuai dengan ukuran bentuk tubuh bayi, sangat praktis. Pada tahap ini, usahakan untuk tidak memilih satu set pakaian, agar dapat memudahkan bayi untuk memakai dan melepaskan baju.
2.Umur 3-5 Bulan
Dengan perkembangan pertumbuhannya, jangkauan gerak bayi mulai menjadi lebih besar. Setelah usia sekitar 3 bulan, mereka suka mulai bisa mengangkat kepala untuk melihat sekeliling, tetapi tetap akan dalam pengawasan orang tua atau pendamping.
Pada usia sekitar 4 bulan, mereka dapat mulai menggunakan sikunya untuk menopang kepala dan dada (meski tidak selalu memegang kepala dan leher, tetapi tetap perlu melindungi bagian tersebut). Kaki mereka juga lebih kuat serta aktif, dan beberapa bahkan dapat mengandalkan tendangan kaki untuk membalikkan badan, ke posisi tengkurap.
Fokus berpakaian pada tahap ini harus memastikan bahwa pakaian tidak membatasi pergerakan bayi. Pakaian one-piece adalah pilihan yang bagus. Ini adalah gaya atasan dan celana yang terhubung. Di satu sisi, longgar dan tidak mengikat, tidak akan mencekik pinggang, dan tidak akan membatasi gerak bayi. Di sisi lain, juga dapat memastikan perut bayi hangat, tidak dingin.
3. Usia 6-12 Bulan
Pada tahap ini, rentang gerak bayi mulai lebih banyak. Sekitar usia 6 bulan, kekuatan punggung dan leher serta keseimbangan tubuh berangsur-angsur meningkat, sehingga mereka bisa belajar duduk.
Sekitar usia 8 bulan, mereka dapat memegang sesuatu untuk berdiri sendiri. Antara usia 7 dan 10 bulan, kemampuan merangkak mereka mulai dari canggung hingga dewasa. Dibandingkan dengan pakaian one-piece, memakaikan pakaian bagian atas dan bawah tentunya dapat memberi bayi lebih banyak kebebasan bergerak dan tidak akan mengikat atau memengaruhinya saat berdiri, mengangkat kaki, merangkak, ataupun gerakan lainnya.
4. Setelah Usia 12 Bulan
Bayi biasanya mengambil langkah pertama dalam hidup mereka antara usia 12 dan 18 bulan. Selama periode balita, jangkauan eksplorasi mereka menjadi lebih besar, mereka menghabiskan sedikit waktu untuk duduk dan berbaring ketika mereka bangun, dan pada dasarnya tidak perlu banyak memakai pakaian kecuali untuk tidur.
Pada saat yang sama, mereka pasti akan jatuh dari waktu ke waktu, dan terkadang berbaring (atau berlutut, duduk) di tanah. Saat ini untuk membeli pakaian terpisah atas dan bawah bayi sebaiknya usahakan sesuai dengan ukuran tubuh, jangan terlalu panjang dan terlalu besar. Sehingga menghindari lengan baju, atau celana terlalu panjang, yang nantinya dapat mempengaruhi eksplorasi atau gerakan pada balita.