Hidup Sehat Dengan Yoga
Yoga berasal dari India yang memiliki sejarah lebih dari 5.000 tahun dan disebut sebagai "harta karun dunia". Yoga berasal dari kaki pegunungan Himalaya di India utara.
Para yoga India kuno mengamati, meniru ,dan secara pribadi menciptakan serangkaian sistem latihan fisik dan mental. Sebagai metode kebugaran profesional, yoga memiliki banyak jenis. Jadi, apa saja jenis yoga?
1. Wisdom Yoga
Menganjurkan penanaman konsep pengetahuan bebas dari ketidaktahuan untuk mencapai pengetahuan suci, dan menantikan persatuan dengan Brahma. Zhi Yoga percaya bahwa ada perbedaan antara pengetahuan rendah dan tinggi.
2. Karma Yoga
Karma berarti perilaku. Karma Yoga percaya bahwa perilaku adalah manifestasi pertama dari kehidupan, seperti makanan dan pakaian, kehidupan sehari-hari, ucapan, sopan santun dan sebagainya. Karma Yoga menganjurkan memfokuskan energi pada dunia batin dan membimbing perilaku yang lebih sempurna melalui aktivitas spiritual batin.
3. Hatha Yoga
Dalam kata Hatha "Ha" berarti matahari dan "He" berarti bulan. "Hata" mewakili keseimbangan laki-laki dan perempuan, siang dan malam, yin dan yang, dingin dan panas, lembut dan keras, dan lawan pelengkap lainnya. Hatha Yoga percaya bahwa tubuh manusia mencakup dua sistem, salah satunya adalah sistem spiritual dan salah satunya adalah sistem tubuh.
4.Raja Yoga
Raja Yoga adalah satu-satunya jalan menuju dunia spiritual, dan Raja Yoga condong ke arah kesadaran dan penyesuaian napas. Meditasi biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapa asana seperti posisi teratai, menghilangkan asana yang paling ketat. Raja Yoga secara aktif menganjurkan delapan cabang yoga, yaitu pengendalian diri, rasa hormat, duduk, pengaturan nafas, pengendalian indera, kebangkitan batin, meditasi, dan samadhi.
5. Yoga Astanga
Yoga Ashtanga adalah latihan yang keras. Yoga Ashtanga dibagi menjadi tiga tingkatan: tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat lanjutan. Koreografi setiap level sudah tetap, dimulai dengan 5 kali doa matahari A dan B, dengan banyak latihan postur di tengah, dan diakhiri dengan handstand dan istirahat. Tujuan dari latihan gerakan terus menerus tersebut adalah untuk membakar banyak kalori guna membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun.
Selain itu, latihan yoga jangka panjang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. Berikut beberapa manfaatnya.
1. Melancarkan Peredaran Darah, Meningkatkan Daya Tahan dan Kelenturan Tubuh
Yoga dapat mempercepat detak jantung dan peredaran darah yang kaya akan oksigen, sehingga tentunya ini dapat memperlancar peredaran darah Anda. Pose yoga adalah gerakan tubuh yang disempurnakan melalui latihan ribuan tahun yang dapat memperkuat dan memperpanjang jaringan ikat anggota tubuh. Apakah tubuh Anda lemas atau kaku, lemah atau kuat, yoga dapat meningkatkan tubuh dan pikiran, sekaligus meningkatkan kesehatan fisik Anda.
2. Melepaskan Tekanan dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri.
Latihan yoga secara teratur dapat menenangkan tubuh, pikiran dan jiwa, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan mengeluarkan racun dalam tubuh akibat stres.
3. Memperkuat Manajemen Pernapasan
Kualitas pernapasan seringkali secara langsung memengaruhi pikiran dan tubuh Anda. Ketika sedang belajar bagaimana mengendalikan dan melegakan pernapasan, hal ini dapat menemukan bahwa Anda dapat mengendalikan tubuh dan pikiran dengan lebih efektif. Yoga dapat membantu Anda belajar mengendalikan keadaan pikiran dan menghilangkan stres yang di hadapi dalam kehidupan sehari-hari.