Gurun Merah Namibia
Sebagian besar gurun di bumi berwarna kuning, namun Gurun Namib di Namibia, Afrika Selatan, membanggakan gurun merahnya yang unik, terletak di 'Suthri', yang berarti 'akhir rawa' dalam bahasa Afrikaans lokal.
Namibia merupakan tujuan wisata populer, dan Gurun Merahnya adalah daya tarik yang paling ikonik. Bahasa nama lokal menerjemahkan 'Namib' menjadi 'tempat tak ada apa-apa.' Gurun Namib adalah tempat di mana seseorang bisa merasakan kesepian dan mendalam dari sebuah gurun. Gurun ini membentang seluas 50.000 kilometer persegi dan terbentuk 80 juta tahun yang lalu, jauh lebih tua daripada gurun Sahara yang hanya berusia 2,5 juta tahun.
Padang pasir Sousseley bersumber dari sungai Orange yang terletak di perbatasan antara Namibia dan Afrika Selatan. Sungai Orange sangat penting bagi Afrika Selatan karena mengalir dari timur ke barat menuju Samudra Atlantik. Karena arus dingin Benguela, pasir di sungai Orange bergerak ke utara mengikuti arus dan angin. Selama miliaran tahun, pasir kaya akan besi telah teroksidasi, menghasilkan warna merah yang melapisi pasir dan kerikil, menciptakan padang pasir merah. Warna padang pasir ini berubah menjadi nuansa yang berbeda ketika matahari bergerak serta cahayanya yang berubah. Di Whale Bay, beberapa ratus kilometer dari Sousse Ri, garis pantainya adalah bukit pasir. Pasir kaya akan besi yang terbawa oleh angin laut menutupi padang pasir, memberinya lapisan tipis berupa serbuk hitam.
Di pintu masuk kawasan wisata Gurun Merah Sussili, pengunjung dapat memesan naik balon udara panas untuk melihat pemandangan keseluruhan yang spektakuler Gurun Merah dari atas. Bukit-bukit merah yang terlihat jelas di bawah langit biru menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Saat mengemudi ke dalam Taman Nasional Namib Naukluft, jalan aspal membentang ke arah langit, dan bukit-bukit merah di kedua sisi menambah pesona keindahannya.
Beberapa bukit memiliki lengkungan berbentuk C, sementara yang lain memiliki lengkungan berbentuk S, dan lengkungan yang begitu anggun membentang ke dalam pedalaman gurun.
Pada pagi atau sore hari, sinar matahari memantul di atas bukit pasir, menciptakan kontras yang menakjubkan antara cahaya dan bayangan, dengan pasir yang terlihat setengah hitam dan setengah merah. Garis-garis sederhana pada bukit pasir sangat mempesona dan mudah untuk diabadikan dalam potretan kamera.
Seperti yang dikatakan oleh salah satu pengunjung, "Anda tidak perlu bantuan warna dari software editing di sini, Anda bisa mengambil foto acak di sini, dan itu akan menarik banyak penggemar karena gurun merah sangat unik dalam hal warna, dan langit biru membuatnya semakin indah."
Gurun Merah Namibia adalah tujuan wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan, dan keindahan alaminya menjadi bukti tentang keajaiban alam.