Fakta Balon Udara
Kamu pasti tidak asing dengan balon udara. Jauh sebelum pesawat terbang ditemukan, orang-orang bepergian menggunakan balon udara.
Balon udara ini sudah diciptakan dan digunakan untuk bepergian sejak tahun 1700-an. Balon udara sudah dikenal sejak dulu. Ukurannya besar, di bawahnya ada keranjang yang digunakan sebagai tempat penumpang sekaligus tempat pembakaran bahan bakar.Balon udara naik atau turun sesungguhnya mengikuti hukum Archimedes.
Berikut deretan fakta unik balon udara yang menarik untuk diketahui:
Penumpang Pertama Balon Udara
Meski balon udara digunakan sebagai alat transportasi manusia, ternyata penumpang pertama balon udara bukanlah manusia. Justru, penumpang pertama dari balon udara adalah tiga jenis hewan yang berbeda. Hewan ini adalah domba, bebek, dan seekor ayam jago.
Balon Udara Masih Digunakan Sampai saat Ini
Saat ini, kita memang sudah bisa bepergian ke tempat yang jauh menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi udara. Uniknya, sampai saat ini balon udara masih tetap digunakan meski sudah ada pesawat terbang. Namun tentu saja fungsinya berbeda, yaitu tidak lagi untuk mengangku penumpang. Balon udara saat ini lebih banyak digunakan untuk tujuan wisata atau rekreasi.
Bagian-Bagian Balon Udara
Balon udara memiliki beberapa bagian penyusunnya, nih. Kenali apa saja bagian balon udara. Bagian yang pertama adalah envelope, yaitu kantung besar yang terletak di bagian atas balon udara. Bagian inilah yang nantinya akan membuat balon udara terbang setelah terisi helium. Di bawah envelope, ada bagian bernama burner, yaitu alat untuk memanaskan udara di bagian kantung envelope.
Demikianlah fakta menarik mengenai balon udara. Semoga bermanfaat!