Perawatan Rambut
Komponen utama rambut adalah protein, jadi pola makan yang sehat penting untuk dapat memiliki rambut kepala yang sehat. Selain itu, merawat rambut dengan benar juga memerlukan perhatian terhadap aspek lain yang perlu diperhatikan seperti selalu menjaga kebersihan rambut.
Tujuan perawatan rambut adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi masalah seperti ketombe atau kerontokan rambut. Metode dasar perawatan rambut adalah sebagai berikut:
1. memilih kondisioner dengan fungsi yang sesuai dengan tekstur, panjang, dan apakah Anda memiliki perm atau tidak, dan lain sebagainya. Yang terbaik adalah menggunakan kondisioner setiap kali Anda mencuci rambut, dan rambut yang dikeriting serta diwarnai tentunya membutuhkan jumlah kondisioner yang lebih tinggi. Deep conditioning harus dilakukan seminggu sekali dengan produk perawatan rambut yang dibeli di toko atau buatan sendiri.
2. Untuk membuat rambut terasa lebih lembut, oleskan selapis minyak sayur sebelum dicuci dengan sampo; misalnya, minyak lavender atau pohon teh bisa digunakan. Setelah keramas, aplikasikan kondisioner mulai dari bagian tengah rambut ke arah ujung, tahan sekitar satu menit, lalu bilas.
3. Untuk rambut normal atau keras, gunakan kondisioner dengan bahan pelembab alami. Oleskan sedikit kondisioner dari akar hingga ujung rambut, biarkan selama 2 hingga 3 menit, lalu bilas. Sebaiknya kita tidak menggunakan kondisioner yang kaya protein, karena terlalu banyak protein dapat menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun protein adalah komponen utama rambut, kondisioner dengan protein dalam jumlah sedang adalah yang terbaik. Kita bisa menggunakan kondisioner penghalus dalam jumlah sedikit untuk menghaluskan rambut kusut, tetapi jangan terlalu sering menggunakannya.
4. Mencuci rambut dengan deep cleansing shampoo seminggu sekali akan mencegah rambut keriting, sulit diatur, dan kusut. Beberapa orang sering mencuci rambut untuk memastikan rambut kering, tetapi rambut tidak boleh terlalu sering dicuci; biasanya mencuci setiap 2-5 hari sekali sudah cukup. Terlalu sering keramas bisa membuat rambut menjadi kusam. Selain itu, sampo sebaiknya tidak menggunakan sampo alkali yang kuat. Setelah dicuci, perawatan yang tepat sangat penting untuk rambut panjang adalah setelah dibersihkan lalu lanjutkan mengaplikasikan kondisioner dengan lembut ke ujung rambut, tapi jangan gunakan terlalu banyak. Jika rambut Anda rontok banyak, Anda bisa memijatnya sebentar. Kemudian setelah 15 menit, bilas rambut dengan air dingin.
5. Mewarnai dan mengeriting dapat merusak folikel rambut yang membuat rambut rontok lebih mungkin terjadi. Banyak orang mengeriting untuk kecantikan, tetapi untuk kesehatan yang terbaik adalah jangan terlalu sering melakukannya. Jika Anda harus mengeriting, jangan melakukannya terlalu sering dalam setahun, karena tentunya menjaga kesehatan rambut Anda adalah yang terpenting.
6. Tidur yang cukup penting untuk metabolisme rambut antara jam 10 malam dan jam 2 pagi adalah waktu metabolisme dan jika waktu ini tidak cukup istirahat, tentunya ini akan menyebabkan rambut sangat mudah rontok. Menjaga suasana hati yang bahagia, memiliki jadwal kerja dan istirahat yang teratur, serta memiliki gaya hidup yang teratur semuanya dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Sebelum tidur, masukkan jari Anda ke dalam rambut lalu mulailah menggosok dari atas kepala ke belakang kepala selama dua menit. Memijat kulit kepala sesering mungkin dapat meningkatkan penyerapan nutrisi pada rambut, mengatur sebum, dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga rambut Anda dapat tumbuh lebih baik.