Rumah Spesial
Igloo adalah bangunan unik yang dirancang untuk orang Eskimo yang tinggal di wilayah Arktik. Ini berbentuk setengah lingkaran, mirip dengan panci yang diikat ke tanah. Terutama terbuat dari batu-batu salju berbagai ukuran, karena suhu yang sangat rendah, membuat tenda tentu saja tidak bisa memberikan cukup kehangatan. Oleh karena itu, orang Eskimo di wilayah Arktik menciptakan bangunan ini dan pindah untuk hidup didalamnya. Namun, masa pakai rata-rata igloo hanya sekitar 50 hari, sehingga mereka perlu pindah secara teratur.
Dibandingkan dengan suhu yang membakar di luar sekitar 35-40 derajat Celsius, kenyamanan dingin dari ruangan ber-AC adalah pilihan yang jelas. Beberapa orang juga mencari bantuan dengan kasur air dan tikar dingin. Namun, pada hari-hari yang panas ketika AC dan pendingin tidak tersedia, orang-orang berguling-guling di tempat tidur, karena suhu yang terlalu panas untuk tidur. Itulah saat dimana ide untuk memasukkan diri ke dalam lemari es muncul. Tapi tunggu dulu, tidak perlu ada lemari es. "Igloo" ada di dunia ini.
Kehidupan di dalam igloo tidak se-"berperabot" seperti yang mungkin kita pikirkan. Orang Eskimo juga memiliki aturan dan regulasi mereka sendiri. Pertama-tama, mereka menggunakan "salju" untuk membuat meja dan tempat tidur. Yang lebih istimewa adalah bahwa mereka tidur di udara. Di bagian terdalam rumah salju, ada platform tinggi yang terbuat dari salju, yang berfungsi sebagai tempat tidur empuk mereka. Hal ini karena udara dingin turun dan panas naik. Bagi orang Eskimo, igloo itu sendiri berada di area yang dingin, sehingga kontras antara panas dan dingin lebih terasa.
Lalu, bagaimana sebenarnya mereka dapat membangun igloo yang lengkap? Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Pilih Lokasi yang Cocok
Orang Inuit menggunakan pengalaman turun-temurun mereka untuk menentukan tempat yang tepat untuk dibangun dengan cara mengebor salju dengan tongkat dalam sebuah "peninjauan tanah" sederhana.
2. Membuat Blok Salju
Dengan menggunakan pisau salju untuk memotong lapisan salju, mereka memotong blok salju. Ukuran blok salju memiliki panjang sekitar 1 meter, lebar 20 cm lebar, dan tinggi 40 cm.
3. Membangun Lapisan Bawah Dari Blok Salju
Mereka menggunakan blok salju yang dipotong untuk membangun lingkaran masonry di sekitar lubang yang terbentuk oleh blok salju. Rata-rata dijaga sebulat mungkin untuk menjaga stabilitas. Blok salju dipotong dengan pisau salju untuk memastikan bahwa sambungannya rata. Setelah meletakkan lapisan pertama, mereka akan menggunakan pisau salju untuk memotong permukaan atas menjadi kemiringan.
4. Meletakkan Lapisan Atas Dari Blok Salju
Selanjutnya, mereka akan menggunakan kemiringan sebagai dasar, lalu melanjutkan meletakkan blok salju, berputar ke atas dan secara bertahap condong ke dalam. Saat meletakkan blok, mereka memotong sambungannya dengan pisau salju untuk memastikan bahwa dua blok salju cocok erat satu sama lain.
5. Penutupan
Blok salju secara bertahap saling bersatu, meninggalkan hanya lubang langsung di atasnya. Mereka membangun satu blok ke atas dari bagian dalam dan memotongnya dengan pisau salju sehingga blok itu masuk tepat di dalam bukaan, seperti batu penutup struktur jembatan lengkung.
6. Penyelesaian
Setelah menutupi, orang yang berada di dalam ruang igloo akan menggunakan pisau salju untuk memotong pintu. Bagian pintu ini juga adalah pintu masuk ke igloo. Mereka menyiramkan salju ke celah antara blok salju untuk memperkuat sambungannya dan mencegah aliran udara dingin masuk kedalam. Kemudian mereka memasang kembali blok salju yang dipotong dari pintu, memotong lubang ventilasi kecil dengan pisau salju, dan igloo telah selesai dibangun!