Pemandangan Luar Biasa
Air terjun adalah bentuk aliran air di alam dimana sungai jatuh secara vertikal dari titik yang tinggi. Air terjun adalah fitur alam yang bentuknya bervariasi, ada yang tingginya mencapai ratusan meter dan ada pula yang hanya puluhan sentimeter.
Air terjun biasanya terbentuk oleh erosi air yang mengalir di atas bebatuan atau tebing, dan ada juga yang terbentuk karena formasi geologis. Air terjun memiliki nilai ornamen yang tinggi di alam dan menarik banyak wisatawan untuk melihatnya.
Air terjun dapat dibagi menjadi beberapa bentuk, yang paling umum adalah air terjun satu tingkat, di mana sungai jatuh dari titik tinggi sekaligus. Ada juga air terjun berundak, di mana air terjun tersebut kemudian menempuh jarak horizontal untuk jatuh kembali. Selain itu, ada lebih banyak tingkatan air terjun yang mengalir serta bentuk khusus air terjun yang menggantung dan sebagainya.
Ketinggian air terjun, lebar, volume air dan kecepatan aliran air, dan faktor lainnya akan mempengaruhi nilai ornamennya. Semakin tinggi ketinggian, maka volume air semakin besar, dan kecepatan air terjun juga akan semakin cepat, biasanya ini dapat memberikan dampak visual yang lebih spektakuler. Lingkungan alam di sekitar air terjun juga akan mempengaruhi nilai ornamennya, seperti tebing, batu, pohon, dll, yang tentunya dapat menambah banyak sentuhan pesona alam pada air terjun.
Ada banyak air terjun terkenal di dunia, berikut ini adalah beberapa air terjun yang terkenal:
1. Air Terjun Niagara
Terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, merupakan salah satu air terjun paling terkenal di Amerika Utara, tetapi juga salah satu air terjun terbesar di dunia.
2. Air Terjun Victoria
Terletak di Sungai Zambezi di Afrika, merupakan salah satu air terjun terbesar di dunia tetapi juga merupakan Situs Warisan Alam Dunia. Air Terjun Victoria memiliki panjang sekitar 1,7 kilometer yang mencapai ketinggian 108 meter, aliran airnya sangat besar, sehingga dikenal juga sebagai "tirai air terbesar di dunia".
3. Air Terjun Iguazu
Terletak di Amerika Selatan di perbatasan Brasil dan Argentina, merupakan salah satu air terjun terindah di dunia. Air Terjun Iguazu terdiri dari 275 air terjun yang paling terkenal terletak di sisi Argentina Garganta del Diablo.
4. Air Terjun Yellowstone
Terletak di Taman Nasional Yellowstone Amerika Serikat, merupakan salah satu atraksi Taman Nasional Yellowstone yang paling terkenal. Air Terjun Yellowstone terdiri dari dua air terjun, bagian atas dan bawah sehingga mencapai ketinggian 94 meter.
5. Angel Falls
Terletak di Venezuela, Amerika Selatan, merupakan air terjun tertinggi di dunia. Ketinggian Air Terjun Angel mencapai 979 meter, dan aliran airnya juga sangat besar, sehingga disebut juga sebagai “air terjun terbesar di dunia”.
Air terjun ini memiliki karakteristiknya masing-masing dan merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia. Singkatnya, air terjun adalah salah satu pemandangan alam yang menakjubkan. Bentuk serta fitur uniknya yang berbeda, telah menjadikannya pemandangan yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan yang datang berlibur!