Limbah Menjadi Harta
Kosmetik yang sudah kadaluarsa tentunya tidak akan aman, karena kemungkinan telah kehilangan efektivitasnya. Menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat menyebabkan alergi atau infeksi kulit. Oleh karena itu, kami tidak merekomendasikan penggunaan kosmetik yang sudah kadaluarsa pada kulit tetapi ini bisa ditangani dengan benar.
Berikut adalah beberapa saran untuk menangani kosmetik yang sudah kadaluwarsa:
1. Periksa Label
Pertama, periksa label dan kemasan kosmetik untuk melihat apakah ada instruksi atau peringatan. Jika tidak ada tanggal pada label, Anda dapat mencoba menemukan tanggal pembukaan botol (POD) yang dicetak di bagian bawah.
2. Buang Kosmetik yang Sudah Kadaluwarsa
Jika kosmetik sudah kadaluwarsa, sebaiknya dibuang. Jika Anda tidak yakin apakah itu sudah kadaluwarsa, disarankan untuk membuangnya untuk menghindari resiko penggunaan yang berbahaya yang timbul akibat pemakaian produk yg sudah rusak.
3. Mengulang Penggunaan Kemasan
Anda dapat mempertimbangkan penggunaan ulang botol kosmetik kosong, tutup botol, dan sebagainya. Ini dapat membantu mengurangi jumlah limbah dan lebih ramah lingkungan.
4. Digunakan Untuk Proyek Seni
Kosmetik yang sudah kadaluwarsa dapat digunakan untuk proyek seni, seperti membuat riasan Halloween atau riasan efek khusus pada suatu benda.
5. Bagikan Dengan Masyarakat
Jika Anda memiliki banyak kosmetik yang sudah kadaluwarsa, Anda dapat membagikannya dengan sekolah seni lokal, teater, atau kelompok pertunjukan. Organisasi-organisasi ini biasanya membutuhkan kosmetik ini untuk membuat riasan khusus.
Berikut adalah beberapa contoh spesifik:
1. Botol Kosmetik
Botol kosong dapat digunakan untuk memasang ulang cairan lain, atau Anda dapat membuat kotak penyimpanan DIY atau vas di rumah.
2. Eyeshadow Berwarna-Warni
Eyeshadow dapat digunakan untuk membuat lukisan seni atau kartu handmade.
3. Kepala Sikat Mascara
Anda dapat menggunakan kepala sikat mascara yang bersih untuk mengaplikasikan alis atau bulu mata palsu.
4. Foundation
Foundation dapat digunakan sebagai pigmen makeup seni, seperti membuat makeup khusus.
5. Cat kuku
Cat kuku dapat digunakan untuk kerajinan DIY, seperti melapisi sepatu atau aksesori. Dengan mengoleskan lipstik yang sudah kadaluarsa pada tisu dan menggosok perak-perakan berkali-kali, perhiasan perak akan terlihat seperti baru.
6. Produk Pembersih
Pembersih wajah yang sudah kadaluarsa dapat digunakan untuk mencuci tangan dan kaki. Lebih baik menggunakan krim cukur. Gunakan pelembab kulit yang sudah kadaluarsa untuk merendam kaki Anda dan menghilangkan sel-sel kulit mati pada kaki. Lotion yang sudah kadaluarsa dapat dioleskan di ujung rambut untuk mencegah rambut bercabang.
Kesimpulannya, contoh-contoh di atas tidak berarti bahwa kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat digunakan dengan aman, tetapi kemasan dan kosmetik ini dapat digunakan kembali, sehingga secara tidak langsung Anda telalh membantu dalam mengurangi jumlah limbah dilingkungan.