Menjadi Seorang Pelukis
Dinding luar tanpa dekorasi warna mungkin akan terlihat lebih monoton, lalu mengapa Anda tidak mewarnai eksterior rumah menjadi lebih berwarna? Mewarnai eksterior rumah Anda tidak sesulit yang di bayangkan, jadi mari kita mulai dengan pemilihan warna!
Ketika memilih warna untuk dekorasi eksterior rumah, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Gaya Rumah
Gaya rumah yang berbeda tentunya akan memiliki pemilihan warna yang berbeda. Misalnya, rumah gaya minimalis cocok dipadukan dengan warna putih, abu-abu, dan warna klasik lainnya, sedangkan rumah gaya modern, Anda bisa memilih warna merah, kuning, dan warna cerah lainnya.
2. Lingkungan Sekitar
Pertimbangkan lingkungan di sekitar rumah, seperti warna bangunan, tanaman, dan sebagainya. Memilih warna yang sesuai dengan lingkungan sekitar, tentunya dapat membuat seluruh lingkungan terlihat lebih harmonis.
3. Iklim Lingkungan
Pilihan warna tentu akan cukup bervariasi dalam iklim yang berbeda. Misalnya, di daerah selatan yang panas, Anda dapat memilih warna-warna ringan untuk membuat rumah terlihat lebih segar, sedangkan di daerah utara yang dingin, Anda dapat memilih warna-warna hangat untuk menambahkan rasa kehangatan didalam rumah.
4. Preferensi Pribadi
Pada akhirnya, penting untuk mempertimbangkan preferensi pribadi Anda. Memilih warna yang Anda sukai dapat membuat suasana rumah lebih nyaman dan tenang. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi pada beberapa desainer profesional untuk saran lebih lanjut dalam pencocokan dan simulasi warna.
Langkah-langkah khusus yang perlu diperhatikan untuk mengecat eksterior rumah adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan Dinding
Gunakan alat semprot air bertekanan tinggi atau alat pembersih lainnya untuk membersihkan dinding dan menghilangkan debu, noda, lemak, dan kotoran lainnya untuk memastikan bahwa dinding kering, datar, dan bersih.
2. Perbaikan Dinding
Sesuai dengan kondisi dinding, lakukan beberapa perawatan yang diperlukan. Jika ada retak atau kerusakan, perlu diperbaiki, jika ada jamur, perlu dihapus dan disterilkan.
3. Pembelian Cat
Sesuai dengan iklim dan lingkungan daerah Anda, pilihlah jenis cat yang sesuai. Biasanya digunakan cat lateks, cat minyak, cat berbasis air, dll. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.
4. Cat Dinding
Sebelum mengecat dinding, Anda perlu melakukan persiapan bahan dan pencampuran untuk memastikan kualitas cat. Kemudian gunakan kuas atau rol untuk mengecat dinding. Saat mengecat, perhatikan arah dan ketebalan cat serta oleskan secara merata untuk menghindari kebocoran dan tumpukan.
5. Tunggu Hingga Kering
Tergantung pada jenis dan ketebalan cat, tunggu beberapa saat hingga benar-benar kering. Selama periode ini, perlu di perhatikan agar tetap menjaga dinding tetap kering untuk menghindari resiko kerusakan.
6. Pemeliharaan Cat
Setelah melakukan pengecatan, diperlukan adannya pemeliharaan secara teratur. Jika Anda mengalami pengelupasan cat pada dinding dan situasi lainnya, perbaikan secara tepat waktu diperlukan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dan keterampilan yang relevan, disarankan untuk mencari bantuan dari profesional.