Pegunungan Terkenal di Dunia
Barisan gunung adalah serangkaian gunung yang memanjang ke arah tertentu, yang terdiri dari beberapa pegunungan dan lembah. Dinamakan demikian karena memiliki sifat menyeluruh yang dapat disebut secara keseluruhan. Jadi, apa saja pegunungan paling terkenal di dunia?
1. Pegunungan Alpen
Terletak di selatan-tengah Eropa, Pegunungan Alpen membentang dari dekat Nice, Prancis, di pantai Mediterania subtropis, ke utara ke Danau Jenewa, dan kemudian ke timur laut ke Wina di Danube. Pegunungan berbentuk busur yang memiliki panjang 1.200 km dan lebar 130 km - 260 km dengan ketinggian rata-rata sekitar 3.000 meter dan luas total sekitar 220.000 kilometer persegi. Delapan puluh dua puncaknya melebihi ketinggian 4.000 meter dan puncak tertinggi adalah Mont Blanc dengan ketinggian 4.810 meter yang terletak di perbatasan Prancis, Italia, dan Swiss.
Pegunungan Alpen adalah pegunungan terbesar di Eropa dan juga berfungsi sebagai daerah aliran sungai yang signifikan, yang berasal dari beberapa sungai besar di Eropa, seperti Danube dan Rhine. Hulu setiap sungai dicirikan oleh sungai pegunungan yang khas dengan air yang mengalir deras dan sumber daya hidrolik yang melimpah.
2. Pegunungan Rocky
Pegunungan Rocky adalah tulang punggung Cordillera of America di Amerika Utara yang terdiri dari beberapa pegunungan kecil. Mereka dikenal sebagai "tulang punggung" Amerika Utara yang membentang lebih dari 4800 kilometer dari British Columbia, Kanada, hingga New Mexico di barat daya Amerika Serikat. Mereka luas dan tidak memiliki vegetasi.
Gunung-gunung mengambil nama mereka dari suku Indian. Pegunungan Rocky yang megah membentang ribuan kilometer dari utara ke selatan. Seluruh pegunungan Rocky Mountain terdiri dari banyak pegunungan yang lebih kecil, 39 di antaranya memiliki nama. Kecuali Sungai St. Lawrence, dan hampir semua sungai besar di Amerika Utara berasal dari Pegunungan Rocky, sehingga menjadikannya daerah aliran sungai yang penting.
3. Andes
Andes adalah bagian dari Cordillera yang dikenal sebagai Andes, dan terletak di pantai barat Amerika Selatan. Panjangnya lebih dari 8.900 kilometer dari utara ke selatan, sehingga menjadikannya pegunungan terpanjang di dunia. Andes membentang dari ujung selatan Amerika Selatan ke pantai Karibia paling utara, dan membentuk penghalang yang terus menerus.
Andes memisahkan wilayah pantai barat yang sempit dari bagian benua lainnya, dan merupakan salah satu fitur topografi Bumi yang paling penting, dan sangat memengaruhi kondisi kehidupan pegunungan itu sendiri dan daerah sekitarnya. Gunung Aconcagua yang terletak di Argentina merupakan puncak tertinggi di belahan Barat dan Selatan, yang memiliki ketinggian mencapai 6.962 meter, dan merupakan gunung berapi yang paling tua di dunia.
4. Kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro berada di timur laut Tanzania, sekitar 160 kilometer selatan Lembah Celah Afrika Timur. Ini adalah daerah aliran sungai antara Tanzania dan Kenya, pegunungan tertinggi di Afrika, dan juga merupakan gunung berapi serta gunung salju.
Tubuh utama gunung memanjang hampir 80 kilometer ke arah timur-barat dan sebagian besar terdiri dari tiga gunung berapi yang telah punah: Kibo, Mawinsi, dan Hira. Ini mencakup area seluas 756 kilometer persegi, dan vulkanik pusatnya di kerucutnya. Puncak Hulu memiliki tinggi sekitar 5.895 meter yang merupakan titik tertinggi di Afrika.
Kawasan Gunung Kilimanjaro telah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1968, dan merupakan rumah bagi tumbuhan dan satwa liar yang panas, sedang, dan dingin. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa memasukkannya ke dalam Daftar Warisan Dunia untuk Perlindungan Warisan Budaya dan Alam pada tahun 1981.