Penyebab Susah Tidur
Tubuh lelah adalah pertanda Anda membutuhkan istirahat, tapi terkadang orang mengeluhkan susah tidur, meski badan mereka sudah capek.
Normalnya, tubuh yang lelah membuat Anda lebih gampang tertidur. Namun, pada beberapa situasi, Anda bisa saja kesulitan tidur saking lelahnya. Kondisi ini mungkin terjadi karena kualitas tidur yang buruk. Jika dari awal Anda sudah memiliki jadwal tidur yang berantakan, Anda tidak akan merasa bugar dan semangat untuk beraktivitas. Badan yang terasa “berat” karena kurang tidur bisa membuat Anda lebih gampang kecapekan. Berikut ini beberapa penyebab susah tidur:
Terlalu lelah
Melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti olahraga, rupanya dapat membuat badan tidak cukup nyaman untuk tidur. Meski sebenarnya olahraga bisa memperbaiki kualitas tidur, melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur justru memberikan dampak negatif. Bukannya makin nyenyak, malah jadi gelisah dan susah tidur.
Konsumsi kafein dan nikotin
Efek sulit tidur juga bisa disebabkan oleh stimulan, seperti kafein dan nikotin. Oleh sebab itu, hindari minum kopi ataupun merokok ketika kamu ingin tidur. Tidak merokok untuk seterusnya akan lebih baik lagi.
Pikiran terus aktif
Great British Sleep Survey mengungkap bahwa banyak pikiran adalah faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Seringkali mereka yang mengalami hal ini, memikirkan peristiwa masa lalu dan hal-hal sepele yang akhirnya membuat mereka sulit merasa ngantuk.
Kekurangan hormon kortisol
Jika Anda masih sering susah tidur malam padahal sudah menerapkan pola tidur yang baik, ini mungkin tanda tubuh sedang kekurangan hormon kortisol. Gangguan atau kerusakan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan hal ini. Hormon kortisol berperan meningkatkan kadar gula dalam darah, menekan kerja sistem imun, meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, serta membantu mengatur metabolisme dan jam biologis tubuh. Gangguan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan sistem imun melemah ketika stres datang. Pada akhirnya, ketidakseimbangan kadar kortisol dalam tubuh mengacak-acak jam biologis tubuh Anda.
Nah itulah penyebab susah tidur. Semoga bermanfaat!