Olahraga Kano
Berkano adalah olahraga kompetitif dan aktivitas rekreasi. Berkano menggabungkan persaingan sengit antar gerakan anggun dan keterampilan ritmis para atlet. Kano dibagi menjadi dua : kayak dan dayung. Kayak berasal dari perahu kecil yang dibuat oleh Inuit di Greenland, yang dibungkus dengan kulit paus dan berang-berang pada rangka nya yang digerakkan dengan didayung. Perahu dayung berasal dari Kanada dan juga dikenal sebagai kano Kanada.
Pada Januari 1924, International Canoe Association (ICA) didirikan di Kopenhagen, Denmark, yang disingkat 1. R.K. Pada tahun 1936, kano dimasukkan sebagai acara Olimpiade resmi pada Olimpiade ke-11 yang diadakan di Berlin.
Federasi Kano Internasional (ICF) adalah organisasi tertinggi untuk kayak, yang berkantor pusat di Madrid, Spanyol. ICF mengawasi beberapa acara internasional, termasuk:
1. Kompetisi Olimpiade kayak
Berkano adalah acara Olimpiade resmi yang telah dimasukkan sebagai acara pertunjukan pada tahun 1924 dan sebagai acara resmi Olimpiade pada tahun 1936. Pada tahun 1972, kano menambahkan acara slalom jeram.
2. Kejuaraan Kano Dunia
ICF menciptakan kejuaraan kano internasional pada tahun 1938 dan umumnya diadakan setahun sekali, kecuali jika Pertandingan Olimpiade diadakan pada tahun yang sama. Kompetisi diadakan di air buatan atau alami dengan 9 saluran air. Ada kayak tunggal, kayak ganda, kayak empat kali lipat untuk pria dan wanita, serta dayung tunggal dan ganda untuk pria.
3. Kejuaraan Slalom Dunia
Dibuat pada tahun 1949 di Jenewa, kejuaraan ini meliputi kayak tunggal putra, skull tunggal, skull ganda gaya Kannada, skull tunggal putri, dan skull ganda campuran putra. Kejuaraan Slalom Dunia ini diadakan setiap dua tahun sekali.
4. Kejuaraan Riptide
Diciptakan pada tahun 1959 oleh ICF di Jerman, kompetisi kano internasional ini menguji keterampilan mengayuh dalam kondisi sulit. Kejuaraan Riptide diselenggarakan setiap dua tahun sekali.
5. Kejuaraan Kano Dunia
Kejuaraan kano dunia pertama diadakan di Pulau Hayling, Inggris pada tahun 1961, dan sejak itu diadakan setiap empat tahun.
Selain acara kompetitif, kayak dapat membawa Anda ke beberapa lanskap paling indah di Bumi,Seperti:
1. Antartika
Berperahu kayak di Antartika memungkinkan Anda melintasi gletser dan Anda dapat merasakan kesunyian. Anda juga bisa lebih dekat dengan hewan Antartika di dalam air. Tergantung pada musimnya, Anda mungkin juga memiliki kesempatan untuk melihat paus melompat keluar dari air didekat Anda. Berperahu kayak di Antartika mungkin adalah cara terdekat manusia berdekatan dengan paus.
2. Selandia Baru
Pulau Utara Selandia Baru memiliki nuansa hutan hujan tropis, dengan sungai yang mengalir melalui ngarai dengan deretan pepohonan. South Island, dengan pegunungan yang menjulang tinggi, perbukitan, dan lembahnya, sehingga sangat cocok untuk kayak disitu. Tidak seperti Eropa, Selandia Baru memiliki populasi kecil dan tidak terhubung dengan baik, tetapi terdapat banyak area alam terbuka untuk kayak, hiking, dan aktivitas lain yang memungkinkan Anda menjelajahi lebih banyak lanskap unik Selandia Baru. Misalnya, Anda bisa pergi ke Bay of Islands dan Auckland's Hauraki Bay untuk melihat lumba-lumba, atau Anda dapat berkayak di sekitar cagar laut dan kemudian menyelam ke laut untuk memiliki pengalaman menyelam yang menyenangkan. Anda juga dapat mencoba mengayuh kano besar tradisional Maori.