Maskot Sepakbola Wanita
Maskot Piala Dunia Wanita 2023 diumumkan pada tanggal 19, dan maskot itu bernama "Tazuni" yang merupakan penguin biru kecil.
Desain figur "Tazuni" berasal dari spesies penguin kecil yang hanya tersebar di Australia dan Selandia Baru. Penduduk setempat biasa menyebutnya dengan penguin biru kecil atau penguin peri yang sangat populer. Nama "Tazuni" mungkin merupakan kombinasi dari kata bahasa Inggris "Tasman Sea" dan "Unity", yang menyiratkan bahwa Australia dan Selandia Baru akan menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia Wanita 2023. "Tazuni" akan tampil di hadapan publik saat pengundian Piala Dunia Wanita 2023 di Auckland, Selandia Baru, pada tanggal 22 Oktober.
Berikut daftar beberapa dari maskot Piala Dunia yang pernah ada:
1. Inggris 1966: The Lion Willie.
Pada tahun 1966, untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, maskot resmi hadir, yaitu seekor singa yang sedang menendang bernama Willie.
Ketika singa "Goleo VI", yang merupakan Piala Dunia 2006 di Jerman diumumkan, orang Inggris menduga bahwa orang Jerman telah mencuri ide mereka dari 40 tahun yang lalu.
2. Argentina 1978: Junior Gauchito.
Maskot Piala Dunia 1978 di Argentina adalah seorang anak laki-laki bertopi, berseragam Argentina, dan sedang bermain sepak bola.
Ekspresi pemuda yang lincah dan ceria mencerminkan keinginan para orang Argentina yang sedang menunggu sesuatu untuk bersinar.
3. Italia 1990: Ciao.
Maskot dengan figur pesepakbola yang berbentuk balok-balok bergaris pada Piala Dunia ke-14 di Italia pada tahun 1990 dinamai dengan "Ciao". Maskot ini sangat eksentrik dimana terlihat ada bola sepak sebagai kepala, kemudian badan, dan anggota tubuhnya terdiri dari 90 balok yang tersusun dengan warna hijau, putih dan merah (warna bendera Italia).
4. Amerika 1994: Puppy Striker.
Pada tahun 1994, Piala Dunia kelima belas diadakan di Amerika Serikat, dan maskotnya adalah anak anjing coklat bernama "Shooter".
Maskot Itu memakai jersey merah dan putih yang mewakili warna bendera Amerika, celana pendek biru, kaus kaki bergaris merah dan putih, serta memegang bola berwarna hitam putih.
5. Piala Dunia Brasil 2014 mengumumkan maskotnya - yaitu seekor armadillo dengan tiga warna.
Armadillo itu memiliki karapas berwarna biru di kepalanya, punggung dan ekor juga berwarna biru, serta wajah dan tungkai yang berwarna kuning, kemudia ia mengenakan kaus putih dengan tulisan "Brasil 2014" di atasnya dan sepasang celana pendek berwarna hijau.
Maskot tersebut menampilkan skema warna yang mirip dengan seragam tim nasional Brasil. Armadillo, adalah spesies hewan yang hidup di pedalaman Brasil, dan maskot terlihat meringkuk menjadi bola yang menyerupai posisinya saat merasa terancam. Nama maskot ini adalah Fuleco, yang terdiri dari Futebol (sepak bola) + Ecologia (ekologi), mencerminkan konsep untuk melindungi lingkungan.