Jenis Kain Tenun Terbaik
Kain atau disebut tenun pada masa kini merupakan benda yang sangat penting keberadaannya bagi masyarakat dahulu.
Tenun pada dasarnya adalah teknik dalam pembuatan kain yang sejujurnya memiliki prinsip yang lebih sederhana. Yaitu dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Jadi benang lusi yang disusun sejajar akan bersilangan dengan pakan secara bergantian.
Teknik ini memang populer digunakan di Indonesia. Sehingga kain tenun pun dihadirkan dengan berbagai motif yang masing-masingnya memiliki makna sendiri dari daerah asalnya. Berikut ini jenis kain tenun terbaik:
Tenun Pandai Sikek – Minangkabau
Kerajinan kain tenun di Minangkabau- Sumatera Barat sudah dikenal semenjak lama. Pandai Sikek adalah nama sebuah desa di kaki gunung Singgalang. Di Pandai Sikek ini terdapat puluhan rumah tenun menggunakan ratusan penenun disana, sebenarnya terdapat poly desa lain pada Minangkabau yg menekuni kerajinan tenun, namun Pandai Sikek mempunyai industri tenun yang lebih maju dibandingkan desa lainnya.
Dalam hal motif, tenun Pandai Sikek terbilang sedikit. Hanya terdapat dua jenis motif yg umumnya digunakan pada kain tenun Pandai Sikek yaitu motif Cukie dan Sunggayang. Motif Cukie merupakan pola yang mengisi bagian berdasarkan kain, baik kepala, badan juga tepi kain. Sedangkan motif Sungayang adalah motif keseluruhan menurut kain tenun. Terdapat dua jenis tenun Pandai Sikek yaitu Balapak dan Bacatua. Balapak merupakan kain yang ditenun dengan melewatkan benang emas diseluruh bidang kain, sedangkan Bacatua merupakan kain tenun yang terdiri dari benang berfungsi untuk pakan dan di bagian eksklusif diberi hiasan benang emas.
Tenun Ulos
Ulos tentu sudah menjadi trademark dari budaya Sumatera Utara. Karena memang Ulos dikenakan untuk berbagai momen. Untuk yang belum tahu, pembuatan Ulos juga menggunakan teknik tenun. Berbeda dengan kain lurik yang didominasi oleh warna cokelat dan hitam, tenun Ulos lebih banyak dihadirkan dengan warna merah, hitam, dan putih. Sedangkan penggunaan benang biasanya memiliki warna perak dan emas. Ulos biasanya dikenakan sebagai selendang atau sarung di upacara adat Batak. Tapi kini banyak ulos dihadirkan menjadi fashion items yang lebih modern, seperti tas, ikat pinggang, dress, hingga dompet.
Tenun Toraja
Ada satu keunikan yang berbeda dari tenun Toraja. Jika biasanya kain lain akan lebih mahal jika ukurannya lebih besar, pada tenun Toraja justru kain dengan ukuran yang lebih kecil lah yang memiliki harga lebih tinggi. Hal ini dikarenakan proses pembuatan yang lebih rumit. Kain tenun yang satu ini pun sangat mudah untuk dikenali. Biasanya motif dan warna tenun Toraja melambangkan keindahan alam Toraja. Selain itu tenun Toraja asli pun akan memiliki permukaan yang lebih kasar jika disentuh.
Tenun Sasak – Nusa Tenggara Barat
Menenun merupakan tradisi yang diwariskan secara turun-temurun pada suku Sasak, Nusa Tenggara Barat. Menenun merupakan aktivitas harus yang harus dilakukan oleh kaum wanita dalam saat itu. Ada suatu filosofi atau tradisi yang dianut pada suku Sasak, perempuan Sasak apabila belum piawai menenun, maka wanita tersebut secara adat, belum boleh pada nikahkan lantaran dianggap belum baligh, atau dewasa. Tenun Sasak mempunyai keunikan dibandingkan dengan kain tenun lain yaitu bahan-bahan yang dipakai buat membuat kain tenun berasal berdasarkan alam tidak ada adonan bahan kimia misalnya benang yg mereka gunakan berasal dari kapas, yang lalu mereka pintal sendiri menggunakan memakai alat masih tradisional. 
Tenun Doyo – Kalimantan Timur
Jenis tenun dari Kalimantan ini termasuk tenun ikat yang benangnya dibuat menurut bahan dasar serat daun khas yg terdapat pada wilayah tersebut.
Tidak hanya menggunakan material khas pada wilayahnya, motif-motif tenun doyo pun mengambil corak menurut bentuk hewan, tumbuhan, sampai cerita mitologi yg berkembang pada suku Dayak yang terdapat pada tempat itu. Tenun cantik yang kerap merogoh unsur rona merah, cokelat, dan hitam ini hanya dipakai dalam saat-saat tertentu oleh penduduk pada daerah tersebut.
Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis kain tenun terbaik. Semoga bermanfaat!