Klasifikasi Kucing
Secara luas kucing dipelihara sebagai hewan peliharaan dalam setiap keluarga di seluruh dunia. Diperkirakan nenek moyang kucing domestik adalah kucing gurun yang berasal dari Mesir kuno dan kucing Persia di Persia.
Kucing telah dijinakkan oleh manusia selama 3.500 tahun (meski tidak sebanyak anjing). Kucing adalah hewan yang lembut, cerdas, dan lincah, serta telah dipelihara sebagai hewan peliharaan keluarga sejak lama, terutama di negara-negara Eropa dan Amerika. Kucing memiliki organ sensorik yang berkembang dengan sangat baik, dan ia selalu dapat merespon lingkungan sekitarnya dengan tajam. Semua kucing terlahir dengan sifat mulia. Garis keturunan kucing domestik dipilih sebagai mamalia yang paling sehat, paling tajam, paling berbahaya, paling menarik, dan paling berani di dunia.
Dibandingkan dengan puma yang tidak seperti hewan peliharaan lainnya, seperti anjing, kucing, karena jenis puma memiliki karakter yang sedikit liar, mandiri, dan tidak terkendali di masa lalu.
Selama Anda mengamati dengan seksama, ada saraf sensorik yang sangat sensitif di akar kumis kucing yang dapat dirasakan kucing setelah ujung kumis menyentuh suatu benda. Ini sebenarnya adalah pelengkap indera penglihatan kucing dan organ sensorik yang sangat penting dalam tubuhnya.
Kucing memiliki pendengaran yang sangat sensitif, dan banyak suara yang dapat didengar oleh kucing tetapi tidak oleh manusia. Kucing juga lebih baik dalam melokalisasi suara daripada manusia. Telinga kucing seperti dua antena radar yang dapat berayun 180 derajat tanpa menggerakkan kepala sehingga kucing dapat menemukan titik suara dengan akurat. Kucing juga dapat mengingat suara pemiliknya, seperti langkah kaki dan suara memanggil namanya.
Mengenai klasifikasi kucing, dibagi menjadi beberapa hal :
(1) Menurut Lingkungan Hidup
1. Kucing Rumahan:
Merujuk pada kucing yang dibesarkan setelah dijinakkan oleh manusia, namun mereka tidak terlalu bergantung pada manusia dan tetap memiliki insting untuk bertahan hidup secara mandiri.
2. Kucing Liar:
Awalnya nenek moyang nya adalah kucing rumahan, tetapi ada kucing yang hidup di lingkungan liar seperti gurun dan hutan. Dalam sejarah biologi, kucing sudah muncul 12 juta tahun yang lalu.
(2) Menurut Tingkat Perkembangbiakan Ras Kucing
1. Kucing Ras:
Kucing yang dibiakkan dengan hati-hati oleh orang-orang untuk tujuan tertentu. Biasanya dibutuhkan beberapa tahun untuk berhasil berkembang biak. Keturunannya dapat distabilkan setidaknya setelah empat generasi. Ciri-ciri genetik kucing ini memiliki keturunan yang stabil, anak kucing dan induk kucing juga memiliki beberapa ciri yang mirip, tetapi ada sedikit perbedaan yang menonjol.
2. Kucing Hibrida:
Kucing yang dibiarkan bereproduksi secara alami tanpa kendali manusia, dan keturunannya sangat tidak stabil. Bahkan dalam serasah yang sama, mungkin ada beberapa warna bulu yang berbeda.
(3) Menurut Panjang Bulu Kucing
1. Kucing Berbulu Panjang:
Kucing Maine Coon, kucing Ragdoll, kucing Himalaya, kucing Persia, dan kucing Somalia adalah perwakilan kucing berbulu panjang.
2. Kucing Berbulu Pendek:
Ada lebih banyak jenis kucing berbulu pendek daripada kucing berbulu panjang. Yang lebih umum dan terkenal adalah kucing siam, kucing bulu pendek Amerika dan Inggris, kucing berekor pendek Jepang, kucing Abyssinian, dan kucing Skotlandia.