Sehat dan Manis
Camilan bola buah adalah salah satu cara favorit orang untuk memakan buah-buahan di musim panas. Buah-buahan seperti semangka, dan melon adalah pilihan pertama masyarakat. Lalu, apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah-buahan ini?
Semangka termasuk dalam famili Cucurbitaceae, dapat disebut sebagai "raja buah melon". Berasal dari Afrika, kemudian diperkenalkan ke Xinjiang selama masa dinasti Tang dan ke Zhongtu selama masa Lima Dinasti. Kulit luar buahnya halus, berwarna hijau atau kuning, daging buah berair berwarna merah atau kuning, maupun daging dalam buahnya yang terkadang berwarna putih. Lalu apa saja manfaat dari mengkonsumsi semangka? berikut manfaat-manfaat yg bisa diperoleh:
1. Pencegahan dan Pengobatan Nefritis
Citrulline dan arginin pada semangka memiliki efek diuretik dan dapat menghilangkan peradangan ginjal.
2. Bergizi
Semangka mengandung hampir semua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia kecuali lemak dan kolesterol.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Semangka mengandung kalium, yang memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah yang signifikan dan dapat berperan lebih baik dalam terapi adjuvan untuk hipertensi.
4. Kecantikan
Vitamin C yang kaya pada semangka dapat mengurangi keriput kulit dan meningkatkan kelembutan dan elastisitas kulit.
5. Meredakan Panas dan Mabuk
Semangka dapat meredakan panas dalam tubuh saat musim panas, meringankan gejala mabuk, dan sebagainya.
6. Kelembaban Alami
Semangka yang kaya kandungan akan air, terutama cocok untuk mengembalikan cairan yang hilang pada tubuh manusia di musim panas.
7. Tinja Lancar
Setelah makan semangka, jumlah urine akan meningkat secara signifikan, yang dapat mengurangi konten pigmen empedu dan memiliki efek tertentu pada pengobatan penyakit kuning.
8. Anti Penuaan
Semangka meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan kecerahan kulit.
Selain itu, makan melon juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia, sebagai berikut:
1. Mencegah Penuaan
Melon memiliki efek menghindari resiko munculnya bercak matahari dan meredakan panas pada tubuh saat musim panas. Ini dikarenakan melon mengandung sejumlah besar vitamin C, yang dapat efektif mencegah wajah terbakar matahari di musim panas dan mencegah resiko keriput. Setiap orang harus menyadari bahwa sinar ultraviolet yang kuat di musim panas dapat menembus lapisan epidermis dan meluas ke dermis, menyebabkan berbagai masalah seperti keriput dan kendor pada kulit.
2. Mengobati Anemia
Karena makan melon dapat secara signifikan meningkatkan fungsi hematopoietik tubuh manusia, melon dianggap sebagai salah satu buah terapeutik untuk anemia. Konsumsi melon secara teratur dapat menghilangkan dahaga, mencegah heatstroke, memudahkan buang air kecil, dan meredakan kegelisahan dan kepanasan. Ini juga dapat efektif mencegah gejala seperti demam, dahaga, heatstroke, luka di mulut dan hidung, serta infeksi saluran kemih.
3. Mencegah Kanker
Melon juga dapat membantu dalam mencegah resiko kanker dengan melengkapi asam folat. Melon kaya akan vitamin C dan kalium, yang dapat memberikan efek pencegahan yang baik pada kanker dan penyakit jantung koroner. Selain itu, melon mengandung banyak asam folat, yang sangat baik untuk mencegah deformitas saraf pada janin. Oleh karena itu, diisarankan agar wanita hamil dapat mengkonsumsi lebih banyak melon.
Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan sebagai berikut:
1. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi melon secara berlebihan sekaligus, karena melon adalah buah yang dingin.
2. Mengkonsumsi melon tidak disarankan untuk orang dengan distensi perut, batuk, penderita asma, dan wanita setelah melahirkan.
3. Penderita diabetes harus lebih berhati-hati saat sedang mengkonsumsi melon.