Lipstik dan Cochineal
Lipstik adalah kosmetik yang sangat diperlukan untuk anak perempuan. Terkadang meski Anda keluar tanpa riasan, Anda harus memakai lipstik karena bisa langsung meningkatkan kesan penampilan Anda.
Tapi apakah Anda benar-benar tahu bahan apa saja yang dipakai untuk membuat lipstik favorit Anda?. Apakah Anda pernah mendengar lipstik terbuat dari bangkai serangga ? Kenyataan ini adalah benar adanya pembuatan lipstik dari bangkai serangga. Semakin mahal lipstiknya, maka akan semakin banyak bangkai serangga di dalamnya. Lipstik memang dibuat dari bangkai serangga, jika terdengar sedikit tidak nyaman, Anda tidak perlu khawatir.
Ternyata cochineal merupakan jenis serangga yang tidak hanya digunakan pada lipstik saja, namun digunakan pada produk-produk lainnya.Setelah diteliti, cochineal dapat digunakan untuk membuat eye shadow, blush on dan kosmetik lainnya, bahkan beberapa minuman juga menggunakan cochineal. Jadi tidak perlu khawatir, karena nyatanya bangkai cochineal ini tidak beracun dan tidak berbahaya, serta tidak mengandung logam berat, sehingga bisa dikatakan sangat aman.
Apa itu serangga cochineal?
Spesies cochineal berasal dari Amerika yang merupakan anggota dari serangga skala. Ini sering menjadi parasit pada kaktus. Asam carminic yang terdapat dalam tubuh cochineal dapat dibuat menjadi pewarna merah, dan aplikasi ini dimulai sejak periode Maya. Lipstik digunakan oleh penduduk asli sebagai pigmen wajah, dll. Hal tersebut merupakan pewarna yang sangat berharga pada saat itu, tetapi sering digunakan dalam kosmetik dan pewarna makanan. Mereka hidup dengan kaktus dan memiliki banyak kandungan asam karmin dalam darahnya, dan dapat berubah menjadi cairan merah setelah dihancurkan. Ini adalah pigmen alami yang tidak beracun dan tidak berbahaya. Serangga cochineal memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap lingkungan hidup, dan tidak dapat dipelihara dengan sembarangan. Oleh karena itu, lipstik yang dibuat dengan cochineal jauh lebih mahal daripada yang dibuat dengan pigmen sintetis.
Apakah cochineal dapat dikonsumsi?
Serangga bukan produk kimia, dan cochineal merupakan pigmen alami. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cochineal tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Jadi, jangan terlalu khawatir apabila Anda ingin mencoba produk berbahan cochineal.