Domba yang Menawan
Domba muda merupakan hewan yang sangat menarik, tetapi juga sangat rentan, dan kegagalan dalam pemeliharaan mereka pada tahap awal tentunya akan dapat memengaruhi perkembangan mereka selanjutnya.
Lalu, bagaimana cara menjaga domba yang baru lahir dengan baik?
1. Menjaga Kebersihan
Kebersihan memiliki dampak besar pada pertumbuhan domba. Fungsi fisiologis domba pada saat lahir belum sempurna, dan sistem kekebalan tidak sempurna, sehingga mereka mungkin akan sangat mudah sakit.
Pada tahap awal, kita harus sangat memperhatikan kebersihan tali pusar domba, karena banyak domba terinfeksi pada tahap awal karena tali pusar.
Juga penting untuk membersihkan kandang domba, karena domba bergantung pada induknya, dan jika induknya kotor, mudah bagi penyakit untuk menyebar ke domba.
2. Memastikan ASI
Kolostrum merupakan sumber nutrisi yang paling penting bagi anak domba pada tahap awal, terutama kolostrum yang dihasilkan dalam beberapa hari pertama kehidupan. Kualitas nutrisi dan mikronutrien dalam kolostrum sangat penting, dan memungkinkan anak domba mengonsumsinya sesegera mungkin dapat efektif memastikan kesehatan dan pertumbuhan anak domba.
Saat ini, selain memastikan bahwa persediaan susu birahi domba mencukupi, juga penting untuk memastikan kualitas susu yang dihasilkan domba dengan memberikan makanan berkualitas tinggi untuk memastikan kualitas susu yang dihasilkan juga tinggi.
Waktu pemberian makanan harus seimbang sebisa mungkin, sehingga pencernaan dan penyerapan anak domba akan terjamin secara efektif.
3. Pilihan Pakan
Makanan utama untuk anak domba pada tahap pertumbuhan selanjutnya adalah rumput.
Penting untuk memilih waktu pemberian makanan karena jika terlalu dini, anak domba akan kurang menyerap nutrisi. Dan jika terlalu lambat, akan mengakibatkan pasokan nutrisi yang tidak mencukupi.
Lebih baik memberikan makanan yang dimasak pada awalnya, yang baik untuk penyerapan anak domba, dan memberikan beberapa daun muda dengan bijak, dan ditingkatkan perlahan dengan tanggal.
4. Pencegahan Penyakit
Sangat penting untuk mencegah penyakit pada tahap awal. Jika pencegahan penyakit tidak dilakukan dengan benar pada tahap awal, peluang penyakit akan sangat tinggi pada tahap selanjutnya. Selain itu, segala jenis vaksin harus diberikan kepada anak domba tepat waktu.
5. Suhu
Suhu rendah akan menurunkan kekebalan anak domba, yang tidak baik untuk kesehatan mereka. Jika memungkinkan, lebih baik membiarkan anak domba keluar dari kandang dan memberi mereka akses awal terhadap sinar matahari, yang dapat efektif meningkatkan kesehatan mereka.
Terlalu banyak pengelolaan yang lembut dapat mengurangi kualitas domba yang dibesarkan. Dalam hal menjaga kesehatan anak domba, Anda dapat mencoba untuk membiarkan anak domba lebih banyak menyesuaikan diri dengan lingkungan tumbuh berkembangnya.