Macan Tutul dan Cheetah
Mari belajar bagaimana cara membedakan keduanya.
1. Klasifikasi Biologis
Macan tutul dan cheetah adalah dua spesies kucing yang sangat berbeda, dimana macan tutul termasuk keluarga Leopardidae dan cheetah termasuk keluarga Cheetahidae. Dari klasifikasi biologis, keduanya dibedakan dari subfamili, sama seperti perbedaan antara harimau dan kucing.
2. Penampilan
Meskipun baik macan tutul dan cheetah memiliki bintik-bintik pada tubuh mereka dan warna bulunya mirip, ada satu perbedaan yang jelas di antara keduanya: cheetah memiliki dua garis air mata hitam yang jelas di wajah mereka, sementara macan tutul tidak.
Kedua, bintik-bintik pada macan tutul berbentuk hampa dan berbentuk bunga mawar, sedangkan bintik-bintik pada cheetah lebih padat.
3. Ukuran Tubuh
Macan tutul adalah kucing terbesar keempat di dunia setelah harimau, singa, dan jaguar dengan panjang tubuh rata-rata sekitar 2,3 meter dan berat rata-rata sekitar 60 kg.
Cheetah juga merupakan "kucing besar", dengan panjang rata-rata 2,2 meter, namun beratnya hanya sekitar 40 kg saja.
Dengan panjang tubuh yang sama dan perbedaan 40 pon, macan tutul terlihat lebih kokoh, sedangkan cheetah terlihat lebih ramping. Karena itu, cheetah lebih cepat, dengan kecepatan tercepatnya mencapai 110 km / jam, sedangkan kecepatan tercepat macan tutul hanya antara 60-70 km / jam.
4. Kebiasaan
Cheetah sering bekerja sama dalam berburu, sedangkan macan tutul lebih suka menjalankan aktivitasnya sendiri.
Kedua, macan tutul senang berada di pohon, kecuali untuk berburu, di mana ia istirahat dan menyimpan mangsa dengan menggantungkan di pohon. Cheetah tidak dapat memanjat pohon, mereka biasanya berdiri di rumput tinggi dan sering berdiri di atas batu besar untuk mengamati sekitarnya.
5. Siapa yang Lebih Kuat, Macan Tutul atau Cheetah?
Dari penjelasan perbedaan antara macan tutul dan cheetah di atas, macan tutul jauh lebih besar dan kokoh daripada cheetah, yang membuat mereka lebih eksplosif daripada cheetah.
Kedua, panjang gigi taring macan tutul rata-rata sekitar 3,5 cm, 1 cm lebih panjang dari pada cheetah. Dalam hal kekuatan gigitan, kekuatan gigitan macan tutul sekitar 260 kg rata-rata, sedangkan cheetah hanya sekitar 160 kg.
Selain itu, untuk memiliki cengkeraman yang lebih baik saat berlari dengan kecepatan tinggi, cakar cheetah tidak lagi dapat terekspos dan diretraksi, dimana friksi yang lama dengan tanah membuat cakarnya kasar dan tumpul, sedangkan cakar macan tutul diretraksi ke dalam sarung cakar ketika tidak digunakan, sehingga sangat tajam.
Oleh karena itu, baik dari segi ukuran maupun agresivitas, macan tutul jauh lebih kuat daripada cheetah. Selain itu, di Afrika, salah satu musuh alami utama cheetah adalah macan tutul. Dalam hal ini, macan tutul hampir dapat membunuh cheetah hanya dalam hitungan detik.