Mahluk yang Menakjubkan
Paus adalah makhluk yang menakjubkan dari subfilum vertebrata, mamalia. Mereka dibagi menjadi dua kategori, paus baleen dan paus bergigi.
Ada hampir 100 spesies paus, semuanya hidup di laut, tetapi beberapa diantaranya hidup di air tawar. Meskipun jumlah spesies yang hidup di air tawar relatif kecil. Di perairan kita, ada sekitar 30 spesies paus.
Spesies-spesies paus yang berbeda ini sangat berbeda dalam penampilan dan ukurannya. Sayangnya, laut tempat paus hidup sering tercemar, dan kegiatan berburu dan membunuh oleh manusia telah menyebabkan penurunan jumlah populasi paus secara bertahap. Akibatnya, beberapa spesies paus sekarang sangatlah sedikit.
Subordo paus bergigi mencakup keluarga paus sperma, keluarga paus minke, keluarga paus rhesus, keluarga paus berparuh. Dengan subfamili, seperti keluarga laetidae, keluarga lumba-lumba, keluarga pesut, dan keluarga narwhal.
Paus baleen, seperti paus humpback dan paus biru, adalah kelas paus yang secara tradisional kita sebut "paus" dan mereka tidak ber gigi. Di sisi lain, paus bergigi, seperti lumba-lumba memiliki gigi.
Cetacea, mamalia modern paling teradaptasi untuk hidup di air, telah berevolusi menjadi penampilan yang sangat mirip dengan ikan selama transisi dari darat ke laut, sementara bulu tubuhnya akan menurun, demikian juga kelenjar keringat dan sebaceous saat cetacea akhirnya menjadi sepenuhnya akuatik.
Cetacea memiliki sistem sonar yang peka yang dapat menggunakan fungsi eksplorasi suara untuk mengirimkan sinyal akustik untuk makan dan berkomunikasi. Sonar yang ditemukan oleh manusia ditemukan melalui prinsip sonar paus dan lumba-lumba.
Cetacea mengandalkan indra pendengaran yang baik untuk bertahan hidup di dalam air, namun ikan paus bergigi dan ikan paus berjambul menunjukkan perbedaan yang besar dalam kemampuan pendengaran mereka. Ikan paus jambul dapat mendengar infrasonik pada frekuensi yang rendah hingga tidak terasa bagi manusia, memungkinkan mereka berkomunikasi dengan jarak yang jauh. Sebaliknya, ikan paus bergigi mengandalkan ultra suara, gelombang suara yang begitu tinggi frekuensinya sehingga manusia tidak bisa mendengarnya.
Ikan paus tidaklah meminum air laut. sebaliknya, mereka mengambil air dari makanan mereka dengan memetabolisme lapisan lemak mereka. Meskipun rentang spesifik mereka bervariasi dari spesies ke spesies, ikan paus hidup di lautan di seluruh dunia. Karena ikan paus memiliki lapisan lemak yang banyak di dalam tubuhnya, sehingga merekapun akan dapat dengan mudah mengapung di dalam air.
Ikan paus dan lumba-lumba diyakini berasal dari hewan darat yang hidup di daratan selama jutaan tahun sebelum kembali ke dalam air sekitar 50 juta tahun yang lalu. Sekitar 50 juta tahun yang lalu, ikan paus memiliki ukuran sebesar serigala.
Ikan paus harus sering muncul ke permukaan air untuk bernapas, sehingga hanya separuh dari otak mereka yang sedang tidur. Lilin kuping ikan paus mengungkapkan usia ikan paus, serupa dengan cara cincin tahunan pohon mencerminkan usia pohon.
Ikan paus sperma dapat menyelam sampai kedalaman dua mil, dan tubuh mereka memiliki adaptasi fisiologi unik yang memungkinkan mereka bertahan hidup dari suhu dingin yang intens dan tekanan yang mengekang saat menyelam.
Ikan paus biru adalah ikan paus terbesar di dunia dan dianggap sebagai hewan terbesar di dunia. Ikan paus biru dewasa dapat mencapai panjang hingga 108 kaki dan berat hingga 200 ton.
Selain atribut fisik yang luar biasa, ikan paus juga dikenal dengan perilaku sosial dan cara komunikasi mereka yang kompleks. Mereka sering berkeliling dalam pod, yaitu kelompok ikan paus yang dapat berjumlah dari beberapa individu hingga ratusan. Mereka berkomunikasi satu sama lain melalui berbagai vokalisasi, seperti lagu, peluit, dan klik.