Danau di Dataran Tinggi
Danau tinggi terletak di daerah dengan ketinggian, biasanya dengan air yang jernih dan lingkungan alam yang indah. Karena danau tinggi biasanya terletak di antara pegunungan dan telah menjadi tujuan wisata populer.
Danau tinggi terletak di ketinggian dengan memiliki suhu lebih rendah dan membeku. Sumber air mereka biasanya berasal dari pegunungan yang dekat serta air danau jernih dan transparan. Karena lingkungan di sekitar danau sebagian besar adalah pegunungan atau dataran tinggi, sehingga pemandangannya cukup spektakuler dan sering disebut "Danau Surga" atau "Danau Keajaiban".
Berikut adalah beberapa karakteristik danau tinggi dan terkenal di dunia:
1. Erhai
Terletak di Provinsi Yunnan, China, menjadi salah satu danau tinggi terbesar di China dan salah satu danau tinggi yang paling representatif di selatan China, dikelilingi oleh perkebunan teh, hutan pinus, kota kuno, dan pemandangan lainnya.
2. Namucuo
Terletak di Wilayah Otonomi Tibet, China, menjadi salah satu danau air tawar tertinggi di dunia, 4.718 meter di atas permukaan laut, danau ini kristal jernih, dikelilingi oleh padang rumput dataran tinggi dan pegunungan bersalju, menjadi salah satu objek wisata terkenal di Tibet.
3. Danau Cancuncagua
Terletak di Pegunungan Andes Bolivia, danau ini merupakan salah satu danau tertinggi di dunia yang bisa dijangkau oleh kapal, dengan ketinggian 3.812 meter, danau ini dikelilingi oleh pemandangan indah Pegunungan Andes.
4. Danau Tiberias
Terletak di Pegunungan Andes selatan Peru, pada ketinggian 3.820 meter, danau ini jernih dan transparan, dikelilingi oleh pegunungan spektakuler, dan menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di Peru.
5. Danau Bratislava
Terletak di Pegunungan Tratla di Slovakia, 1.345 meter di atas permukaan laut, danau ini dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang lebat dan merupakan salah satu danau paling indah di Slovakia.
6. Danau Kili
Terletak di Pulau Selatan Selandia Baru, danau ini merupakan salah satu danau yang paling indah di Selandia Baru, dikelilingi oleh pegunungan dan gletser spektakuler, dan menjadi salah satu destinasi wisata.
7. Danau Mutiara
Terletak di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet China, pada ketinggian 4.000 meter, danau ini jernih dan transparan, dikelilingi oleh pegunungan dan padang rumput spektakuler, dan menjadi salah satu danau dataran tinggi paling indah di China.
8. Danau Tana
Terletak di Pegunungan Andes Chili, pada ketinggian 2.574 meter di atas permukaan laut, danau ini dikelilingi oleh pegunungan dan gunung berapi spektakuler, dan menjadi salah satu danau paling indah di Chili.
9. Danau Agmu
Terletak di Alpen Prancis pada ketinggian 2.120 meter, danau ini dikelilingi oleh pegunungan dan gletser yang spektakuler dan menjadi salah satu danau dataran tinggi paling indah di Prancis.
10. Danau Swiss
Terletak di Alpen Swiss, pada ketinggian 1.414 meter di atas permukaan laut, danau ini dikelilingi oleh pegunungan dan padang rumput yang indah, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Swiss.