Moonflower
Moonflower (bunga bulan) adalah tanaman yang indah dan menarik yang dapat mekar hampir setiap bulan.
Namun, jika Anda ingin menumbuhkannya dengan lebih efisien, Anda perlu mengambil cara stek.
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan waktu terbaik untuk mengambil stek, metode untuk memperbanyaknya, dan tips untuk merawatnya.
1. Waktu Terbaik untuk Melakukan Stek
Stek moonflower dapat diambil sepanjang tahun, tetapi musim gugur adalah waktu terbaik karena lebih mudah dikelola setelah musim dingin.
Perlu dicatat bahwa stek moonflower harus menghindari periode panas musim panas, karena suhu tinggi dan kelembaban dapat dengan mudah menyebabkan pertumbuhan bakteri, yang menghasilkan tingkat keberhasilan stek yang rendah atau bahkan kematian.
2. Metode untuk Memperbanyak Moonflower (Bunga Bulan)
(1) Stek Kayu Keras
Cabang-cabang sehat dapat digunakan sebagai stek. Potong 10 sentimeter panjang dengan 3 hingga 4 kuncup tanpa daun, dan airi dengan baik setelah dimasukkan.
Gunakan cabang atau bahan lain, seperti besi, untuk membuat bingkai busur, dan tutup dengan film plastik. Tanah perbanyakan harus cerah dan berangin untuk memfasilitasi kelembaban.
Pada musim semi berikutnya ketika tunas tumbuh, buang film plastik. Ketika daun muda tumbuh dan berwarna hijau, sistem akar bawah dapat dipindahkan setelah tumbuh dengan baik.
(2) Propagasi Tunas
Pilih tunas kuat dengan tunas baru dari pangkal cabang utama, dan cuci dengan air.
Lalu, tutup dengan tutup film plastik dan udara 1 hingga 2 kali sehari, menjaga tanah tetap lembab. Sekitar setengah bulan kemudian, mereka dapat berakar, dan 20 hari kemudian film plastik dapat dilepas.
(3) Potongan Penuh Matahari
Potongan penuh matahari berarti selama seluruh proses pemotongan, tidak ada naungan sehingga tunas dapat terkena sinar matahari yang cukup.
Karena stek tanpa sistem akar tidak dapat melakukan penyerapan air normal, sulit untuk menyerap air.
Untuk membuat stek memiliki fotosintesis normal dan aktivitas hidup yang lebih banyak, pemotongan penuh sinar matahari memilih pasir sebagai tanah benih.
Oleh karena itu, 3 minggu kemudian, mereka dapat ditransplantasikan.
3. Tips Merawat Potongan Moonflower (Bunga Bulan)
Sirami potongan dengan baik, lalu beri bayangan dan lembapkan dengan perlindungan film plastik kecil.
Selama 10 hari pertama, semprotkan air dengan teratur untuk menjaga lingkungan yang lembap; setelah 10 hari, kontrol penyemprotan, menjaga agar kering sebelum menyemprotkan.
Ketika tunas berada dalam lingkungan 20°C hingga 25°C dan daun kering, gunakan semprotan daun kecil untuk mencegah daun kering dan rontok.
Tahap kedua adalah tahap penyembuhan. Pada saat ini, luka mulai sembuh, dan penting untuk mencegah kelembaban berlebih, karena hal ini dapat menyebabkan jaringan luka berjamur.
Pada pagi dan sore hari, tingkatkan waktu sinar matahari yang lemah untuk membantu meningkatkan proses fotosintesis.
Tahap ketiga adalah tahap akar, dan Anda dapat secara bertahap meningkatkan waktu paparan sinar matahari. Ketika tanah pot kering, Anda dapat membatasi penyiraman.
Jika daun lama tidak rontok, dan tunas baru telah tumbuh, itu berarti bahwa akar telah berkembang, dan potongannya masih hidup.
Moonflower (bunga bulan) indah dan mudah untuk diperbanyak dengan mengambil potongan. Penting untuk mengikuti prosedur dan tips perawatan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Dengan mengikuti panduan yang dijelaskan dalam artikel ini, tentu dapat membantu Anda dalam merawat moonflower (bunga bulan) dan menikmati bunga mekar indanya sepanjang tahun.