Jembatan di atas Sungai Han
Di Seoul, Korea Selatan, posisi sudut jembatan-jembatan di atas Sungai Han tidaklah sejajar, akan tetapi pemandangan dari sudut mana saja tetap akan selalu menakjubkan.
Baik Anda menyeberangi jembatan dengan kendaraan dan pejalan kaki atau jembatan kereta api untuk kereta bawah tanah atau kereta biasa, Anda akan disambut dengan pemandangan beberapa jembatan lain yang menyeberangi Sungai Han di dekatnya.
Jembatan-jembatan ini, yang merupakan campuran dari kode desain Korea dan luar negeri, membentuk lanskap yang menakjubkan dan beragam yang memamerkan generasi keempat konstruksi jembatan di Korea.
Salah satu contoh konstruksi jembatan modern yang paling mencolok di Korea adalah Jembatan Malaikat, yang menghubungkan Pulau Amtae dan Pulau Apae di sepanjang garis pantai Mokpo. Jembatan Malaikat terdiri dari jembatan bergantung kabel, jembatan gantung multi-span, dan jembatan balok multi-link.
Jembatan bergantung kabel memiliki panjang 1.004 meter, dan jembatan gantung tiga menara memiliki panjang 1.750 meter. Jembatan ini telah meningkatkan nilai pariwisata Sinan-gun, yang terkenal dengan keindahan pulau-pulau banyak.
Jembatan ikonik lainnya di Seoul adalah Jembatan Banpo, yang menghubungkan Seocho-gu dengan Yongsan-gu di bagian utara kota. Jembatan Banpo adalah jembatan balok bertingkat ganda, dan lapisan bawahnya, disebut Jembatan Menyelam, hanya terbuka untuk lalu lintas selama musim kemarau. Selama musim banjir, ketika tingkat air lebih tinggi dari dek jembatan, lalu lintas dihentikan, dan dek bawah menjadi jembatan penyelam. Jembatan penyelam ini memiliki panjang 795 meter, lebar 18 meter, dan memiliki empat lajur. Jembatan ini selesai dibangun pada tanggal 15 Juli 1976.
Level atas Jembatan Banpo adalah Jembatan Panpu, yang memiliki panjang 1.490 meter, lebar 25 meter, dan memiliki enam lajur. Jembatan ini menyelesaikan proyek perluasan pada tanggal 14 Desember 2008.
Jembatan Gugim, yang terletak di Gyeogeong-gun, Jeollanam-do, Korea, adalah jembatan kabel gantung yang mengesankan yang melintasi Teluk Gyeogeong dan menghubungkan Pulau Soge dengan Pulau Gugim. Jembatan ini dibangun pada tahun 2002 oleh Kantor Distrik Iksan dari Kementerian Konstruksi dan Transportasi dan dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 16 Desember 2011. Dengan investasi sebesar 271,8 miliar won, jembatan ini menjadi jembatan lapis ganda pertama di Korea yang memisahkan jalan raya atas dan bawah dari jalan pejalan kaki.
Jembatan Yongjong di Incheon dan Jembatan Gwangan di Busan adalah dua jembatan lapis ganda lainnya di Korea, tetapi mereka memisahkan jalan raya atas dan bawah dari jalur kereta api dan tidak dirancang khusus untuk pejalan kaki.
Penyelesaian dan pembukaan Jembatan Gugim telah sangat meningkatkan jaringan transportasi antara Gugindo, pulau terbesar ke-10 di Korea dengan luas 62,08 kilometer persegi, dan Sogukdo. Diharapkan dapat membawa lebih banyak peluang untuk pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi lokal.
Secara keseluruhan, kegiatan konstruksi jembatan di Korea saat ini berfokus pada keragaman dan estetika. Dengan menerapkan campuran kode desain Korea dan asing, Korea menjadikan dirinya sebagai pemimpin dalam konstruksi jembatan.
Dengan teknologi mandiri untuk jembatan gantung dan kabel gantung, Korea menetapkan standar baru untuk konstruksi jembatan di seluruh dunia. Jembatan di atas Sungai Han dan bagian-bagian lain di Korea tidak hanya memiliki berbagai fungsi, tetapi juga merupakan karya seni yang menakjubkan yang menunjukkan komitmen negara terhadap kemajuan inovasi dan modernisasi.