Kota Terindah
Dubrovnik adalah kota yang indah yang terletak di semenanjung kapur di ujung selatan pantai Dalmatia di Kroasia. Menutupi luas 364 kilometer persegi, kota ini memiliki iklim yang indah dan sedang, serta terlihat seperti kota abad pertengahan dari zaman kuno.
Kota ini terbagi menjadi dua bagian: Kota Tua dan Kota Baru. Kota Tua adalah kastil bersejarah yang dibangun dari granit pada abad ke-14 hingga ke-16 di atas batuan besar menjorok ke laut. Dikelilingi oleh parit di sisi utara dan dibatasi oleh laut di bagian timur, selatan, dan barat.
Dindingnya dihiasi dengan menara sudut dan menara senjata, serta memiliki biara, apotek, istana, dan menara lonceng dari abad ke-14 hingga ke-16 yang terjaga dengan baik. Barisan bangunan beratap merah dalam gaya Romawi, Gotik, Renaisans, dan Barok yang mempercantik bukit, bahkan jalanan dan lampu jalannya pun kuno. Di sisi lain, Kota Baru memiliki teater modern, hotel mewah, rumah-rumah pemukiman, dan fasilitas wisata lainnya. Kastil ini dibangun di lereng yang landai di tepi laut tengah.
Pulau-pulau Dubrovnik dipenuhi dengan gunung dan laut, hutan lebat, air jernih, sinar matahari, dan pemandangan yang menakjubkan. Suhu rata-rata tahunan adalah 17℃, dan suhu rata-rata musim dingin dan musim panas masing-masing adalah 10℃ dan 26℃. Kota ini menerima curah hujan tahunan sekitar 1.021 mm dan memiliki sekitar 250 hari terik matahari setiap tahunnya. Dubrovnik adalah rumah bagi Museum Kota dan landmark lainnya yang terkenal. Ini adalah resor liburan terbesar di Kroasia dan tempat yang harus dikunjungi bagi wisatawan dari seluruh dunia.
Dinding Dubrovnik adalah dinding batu pertahanan yang mengelilingi Kota Tua. Dinding itu pertama kali dibangun pada abad ke-7 dan mirip dengan "pagar kayu". Sebagian besar dinding yang ada saat ini dibangun pada abad ke-12 hingga ke-17, dengan ketinggian 25 meter di atas laut. Dinding ini memiliki ketebalan 4-6 meter di sisi darat dan 1,5-3 meter di sisi laut. Panjang dinding yang tidak terputus adalah 1.940 meter dan memiliki lima gerbang, dua benteng sudut, tiga menara pengawas bulat, dan 14 menara pengawas persegi yang membela dari tembakan musuh dari berbagai arah di darat dan laut.
Parit berada di luar dinding darat, dan jembatan pengangkat terletak di pintu masuk awal. Ini adalah sistem dinding terbesar, paling lengkap, dan paling kompleks di Eropa. Dinding tersebut melindungi kedamaian dan kemakmuran Ragusa selama lima abad, menjadikannya salah satu sistem pertahanan terbesar dari Abad Pertengahan. Pada tahun 1979, Kota Tua Dubrovnik diabadikan di daftar Warisan Dunia, bersama dengan sebagian besar dindingnya.
Fountain of Onovlio, yang terletak di awal jalan Praca, dibangun pada tahun 1438 oleh Onoferio, seorang arsitek dari Naples, Italia. Foutain ini merupakan sistem pasokan air minum kota pada saat itu, dan terletak di titik masuk ke kota. Air berasal dari kota Rijeka, yang berjarak 12 kilometer dari Dubrovnik, dan dibawa ke sini melalui parit tertutup.
Selama waktu yang lama, sudah menjadi kebiasaan bagi setiap orang yang memasuki kota untuk mencuci tangan mereka terlebih dahulu dengan air untuk menghindari membawa hawa "ketidakberuntungan" ke dalam kota. Saat ini, tempat ini selalu penuh dengan pengunjung yang ingin beristirahat.