Pemilihan Warna Dekorasi
Saat merancang dekorasi ruangan dalam rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengonfirmasikan skema warna. Selanjutnya, dalam proses dekorasi, perlu mempertimbangkan prinsip kolaborasi warna untuk rumah yang besar maupun kecil. Dalam dekorasi umum rumah, pemilihan warna mengikuti prinsip "selaras keseluruhan dan kontras lokal". Desain warna yang kontras lebih cerah, kuat, penuh energi, dan mencolok. Dalam desain furnitur, warna utama yang digunakan adalah tunggal, dan warna lainnya bersifat mendukung atau tambahan dekorasi.
Lalu, warna-warna umum apa saja yang dapat digunakan dalam dekorasi rumah?
1. Warna kopi memiliki banyak lapisan dan metode aplikasi sebaiknya digabungkan dengan warna yang lebih terang.
2. Warna merah, oranye, dan kuning relatif cerah, lebih cocok untuk orang muda, dan digabungkan dengan beberapa warna yang lebih dingin untuk mengurangi kesan kering.
3. Warna hijau lebih tenang dan menyegarkan, dan dapat dicocokkan dengan beberapa warna yang hangat, disarankan untuk tidak mencocokkan dengan warna merah tua atau hitam.
4. Warna biru biasanya menjadi pilihan pertama untuk ruang yang lebih tenang dan teratur, ini merupakan sistem warna yang terbaik untuk mengurangi kesan kering dalam dekorasi rumah.
5. Warna coklat dan nila merupakan gaya klasik yang lebih elegan, dengan suasana tertentu dan dapat digabungkan dengan beberapa tekstur halus atau warna kayu asli pada lantai.
6. Warna kuning adalah salah satu warna aksen yang paling mencolok dalam dekorasi rumah, jika rumah Anda tidak terlalu terang, atau warna yang digunakan dalam pemilihan keseluruhan terlalu monoton, menambahkan warna kuning adalah pilihan yang baik.
Pemilik rumah yang lebih suka gaya yang lebih dinamis dapat memilih beberapa warna cerah untuk digunakan dalam ruang, karena ini akan dapat membantu meningkatkan keindahan garis di seluruh ruang.
Metode utama kolaborasi warna adalah kombinasi warna yang serupa, kombinasi warna yang kontras atau kombinasi warna yang melengkapi, kecerahan atau kepolosan kombinasi monokromatik atau gradasi warna berganda, dll.
Secara umum, nada ringan bersifat lembut dan romantis, memberikan orang kesan rapi, bersih, elegan, dan santai; nada abu-abu bersifat mulia dan serius; nada gelap memberikan orang kesan klasik.
Tips-tips lainnya yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna:
1. Kolaborasi warna dinding tidak boleh lebih dari tiga, jika tidak akan terlihat berantakan.
2. Cobalah menggunakan warna-warna hangat di ruang makan, merah dan oranye dalam psikologi visual akan memabntu dalam meningkatkan nafsu makan.
3. Kamar mandi sebaiknya didesain dengan warna-warna yang hangat, jangan gunakan warna hitam atau biru gelap, karena ukuran area kamar mandi kecil dan warna gelap akan memberikan kesan menekan.
4. Warna langit-langit harus lebih terang dari warna dinding, atau sama dengan warna dinding, jika tidak akan memberikan kesan menekan pada keseluruhan rumah.