Daratan Garam Terluas
Perairan yang mengandung garam adalah laut, samudera, atau perairan payau yang merupakan campuran dari air tawar dan air asin.
Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan dataran garam terluas di dunia. Lokasi ini terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 m. Sekitar 40.000 tahun yang lalu, danau ini dikenal sebagai bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah.
Kandungan garam di Salar de Uyuni cukup banyak sekitar 25.000 ton. Selain garam, Salar de Uyuni juga menyimpan cadangan lithium yang merupakan komponen dalam baterai di laptop, ponsel, dan kendaraan listrik. Diperkirakan, terdapat kandungan lithium sebanyak 50 sampai 70 persen cadangan lithium seluruh dunia. Dengan estimasi sembilan juta ton lithium yang dikandung dataran garam Uyuni, Bolivia memiliki cadangan 43 persen lithium di dunia.
Pada bulan Desember, hamparan danau menakjubkan ini akan berubah layaknya cermin langit yang sangat indah. Danau garam ini menyimpan kandungan garam seberat 10 miliar ton dengan kandungan lithiumnya sebanyak 50 sampai 70 persen. Di sekitar danau ini kamu bisa melihat gua-gua yang menyerupai fosil. Kondisi ini menunjukkan bahwa di masa lalu tempat ini adalah sebuah danau raksasa yang telah mengering. Pada bulan November pula kalau kamu berkunjung ke danau ini, kamu akan bertemu dengan 3 spesies burung cantik flamingo.
Menyaksikan danau garam benar-benar akan membuat kamu menyaksikan pantulan cermin raksasa. Birunya langit, cantiknya burung flamingo, indahnya awan putih di langit, keindahan pegunungan Andes, manusia yang melintas, kendaraan dan lainnya, semuanya bisa kamu saksikan seperti cermin besar yang begitu jernih.
Demikianlah informasi mengenai danau garam terbesar di dunia. Semoga bermanfaat!