Salju Abadi Di Indonesia
Gunung Jaya Wijaya yang membentang luas di tanah Papua dinobatkan sebagai puncak tertinggi di Indonesia.
Pegunungan Jayawijaya adalah rangkaian pegunungan yang membujur di Provinsi Papua, Indonesia. Pegunungan ini menjadi salah satu keindahan dari Papua seperti es salju abadi, formasi bebatuan, dan gletser yang menakjubkan. Berikut ini fakta menarik gunung jayawijaya:
Gunung Jaya Wijaya Memiliki Salju Abadi
Dengan status sebagai negara beriklim tropis karena dilintasi garis khatulistiwa atau garis lintang memanjang, membuat Indonesia mustahil dihiasi salju. Namun, salju dapat ditemukan di puncak Jaya Wijaya. Hal ini menjadikan Gunung Jaya Wijaya sebagai satu-satunya tempat bersalju di Indonesia.
Heinrich Harrer Merupakan Pendaki Pertama yang Mampu Mencapai Puncaknya
Pada tahun 1962, untuk pertama kalinya puncak gunung Jayawijaya di jamahi oleh manusia. Adalah Heinrich Harrer yang berhasil melakukannya, ia dibantu oleh 3 anggota ekspedisi lainnya, yakni Russell Kippax, Bertus Huizenga dan Robert Philip Temple. Heinrich Harrer sendiri merupakan seorang pendaki yang sangat terkenal di dunia pendakian, setelah ia menuliskan pengalamannya dalam novel Seven Years In Tibet. Kamu dapat menyaksikan kisahnya dalam film dengan judul yang sama, sebab novel tersebut sudah diangkat menjadi sebuah film. Pendakian Heinrich Harrer di gunung Jayawijaya seakan menginspirasi para pendaki lainnya. Pada tahun 1964, Letkol Azwar Hamid dan Direktorat Topografi Angkatan Darat berhasil mencapai puncak Jayawijaya.
Selain Salju, Ada Gletser di Puncak Gunung
Tak hanya dilapisi salju, Gunung Cartenz Pyramid juga dilengkapi dengan gletser, yaitu lapisan es yang terbentuk akibat tumpukan salju selama puluhan tahun. Kondisi itupun memberikan sebuah keuntungan sebagai sumber persediaan air tawar untuk kawasan yang berada di sekelilingnya.
Gunung Tertinggi di Indonesia dan Benua Australia
Dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 4.884 mdpl, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia, juga sebagai gunung tertinggi di benua Australia dan menempati urutan ke-2, setelah gunung Hkakabo Razi (5.881 mdpl) di Myanmar, dalam jajaran gunung tertinggi di Asia Tenggara.
Masuk ke dalam seven summits
Seven summits adalah merupakan sebutan bagi gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia. Banyak pendaki lokal dan mancanegara yang datang dan tertarik untuk mencapai Puncak Jayawijaya.
Asal-usul nama Cartenz
Nama Carstensz diambil dari cerita sejarah pada tahun 1623, saat pelaut Belanda, Jan Carstensz. Jan Carstensz melihat puncak tersebut melalui teropong dalam pelayarannya melintasi pantai selatan Laut Arafura.
Itulah beberapa fakta mengenai gunung jayawijaya. Semoga bermanfaat!