Perlengkapan Tennis Lapangan
Tenis lapangan adalah jenis permainan bola kecil, olahraga yang dimainkan dengan menggunakan raket dan bola.
Tenis lapangan adalah salah satu cabang olahraga yang digemari banyak orang. Selain menjadi olahraga prestasi, tenis juga dimainkan sebagai hobi yang bermanfaat menyehatkan tubuh. Tenis lapangan bisa dimainkan dimana saja selama sarana dan prasarana yang dibutuhkan tersedia. Berikut ini peralatan dan sarana yang perlu disiapkan:
Raket
Raket tenis lapangan berbeda dengan raket bulu tangkis, baik secara desain, ukuran, dan juga bahan yang digunakan untuk membuatnya. Ukuran raket tenis lapangan juga dapat disesuaikan dengan penggunanya. Umumnya, raket tenis dibuat menggunakan bahan kayu dengan bentuk oval pada bagian kepalanya (kepala raket). Ukuran standar raket tenis adalah 69-71 cm. Namun, beberapa pemain juga ada yang menggunakan raket berukuran lebih panjang yaitu 74 cm.
Lapangan
Ukuran lapangan tenis untuk pertandingan tunggal (single) adalah panjang 23,77 meter dan lebar 8,23 meter. Sementara itu, ukuran lapangan tenis untuk pertandingan ganda (double) adalah 23,77 meter dan lebar 10,97 meter. Ada tiga jenis lapangan tenis yaitu lapangan keras (hard court), lapangan tanah liat (clay), dan lapangan rumput.
Lapangan keras biasanya dibuat menggunakan bahan semen dengan campuran pasir atau aspal. Lapangan jenis ini digunakan pada dua turnamen Grand Slam yaitu Australian Open dan US Open. Jenis lapangan tenis lainnya yaitu lapangan tanah liat atau clay identik dengan turnamen Grand Slam French Open.
Bola
Pada dasarnya, bola tennis standar yang digunakan dalam permainan harus memenuhi syarat berikut:
Diameter: 65.41 mm – 68.58 mm
Berat : 56.0 g – 59.4 g
Jika dijatuhkan dari ketinggian 254 cm pada lantai concrete akan memantul setinggi 135 cm – 147 cm yang dilakukan pada Sea Level di suhu 20 derajat Celcius dan kelembaban 60%.Warna kuning atau putih
Namun, untuk kebutuhan latihan, terdapat banyak jenis bola tennis sesuai tingkat kemampuan pemain.
Net
Untuk Net dalam permainan tenis lapangan, berikut ini syarat yang biasanya harus dipenuhi dalam pertandingan resmi.
Net terbuat dari benang yang berwarna hijau tua atau hitam
Ukuran tinggi tiang penyangga net adalah 106,7 cm dan tinggi net 91,4 cm.
Tiang net dipasang di samping lapangan dengan jarak garis samping lapangan 91,4 cm.
Nah itulah beberapa perlengkapan untuk bermain tennis lapangan. Semoga bermanfaat!