Tips Membeli Gitar Akustik
Hobi bermain gitar bisa dilakukan siapa saja, mulai dari yang hanya doyang genjrang-genjreng sampai mereka yang ingin serius mencari penghasilan dari bermusik.
Namun yang pasti, hobi gitar itu harus punya gitar yang tepat juga, baik dari sisi suara juga harganya. Sebelum beralih ke gitar elektrik, ada baiknya kamu memiliki dulu gitar akustik. Kalau kamu baru akan berkutat dengan hobi bermusik yang satu ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan kala membeli gitar.
1.Tentukan Model Gitar Akustik Pilihan Kamu
Sebagai informasi, gitar akustik punya dua tipe, yaitu gitar akustik klasik dan gitar akustik biasa. Dua tipe ini punya ciri yang berbeda-beda. Gitar akustik klasik menggunakan senar nilon, tipe senar yang ukurannya besar. Karena senarnya cenderung besar, fret gitar akustik klasik juga besar. Untuk suaranya, gitar akustik yang menggunakan senar nilon biasanya lebih kalem.
Tipe gitar akustik lain yang bisa kamu pilih adalah gitar akustik dengan senar string. Suara yang dihasilkan oleh gitar tipe ini biasanya lebih jelas dan lebih panjang. Tipe gitar akustik string memiliki fret yang lebih kecil dan sangat cocok untuk pemula yang baru menyesuaikan diri dengan kunci dasar gitar.
Disarankan memilih gitar akustik dengan senar string untuk latihan pertama kamu. Mungkin ujung-ujung jari kamu akan sedikit sakit saat memainkannya.
2. Bahan dan Desain Gitar Akustik Juga Wajib Kamu Sesuaikan
Sebelum membeli gitar, ada baiknya kamu cari tahu dulu bahan gitar akustik pilihan kamu. Bahan kayu yang digunakan akan sangat mempengaruhi tinggi-rendah suara yang bisa dihasilkan oleh gitar terserbut.
3. Tentukan Detail Fisik Gitar Akustik Pilihan Kamu
Di sinilah kamu mulai harus memegang gitar akustik yang akan kamu beli. Desain gitar yang unik biasanya akan menarik minat kamu untuk mulai memainkannya. Namun, kamu juga harus menyesuaikan besar gitar dengan tubuh kamu.
Kalau tubuh kamu tidak terlalu besar, ada baiknya memilih gitar yang punya bodi kecil atau sedang. Begitu juga sebaliknya. Beberapa produsen gitar juga membuat pilihan gitar hingga size jumbo.
4. Harga Gitar Biasanya Punya Pengaruh pada Kualitas
Prinsip kualitas barang selalu sejalan dengan harga juga sering berlaku kala membeli gitar. Untuk mendapatkan gitar dengan kualitas yang baik, biasanya kamu juga harus mengeluarkan uang lebih banyak.
Akan tetapi, bukan berarti kamu harus slelalu bayar mahal untuk memiliki sebuah gitar kualitas baik. Intinya, kamu harus tahu spesifikasi gitar akustik tersebut. Bukan tidak mungkin kamu menemukan sebuah gitar dengan suara yang kamu inginkan dengan harga yang bersahabat.
5. Coba Mainkan Gitar Akustik dan Rasakan Suaranya
Sebelum membayarnya, mainkan dulu gitar akustik yang akan kamu beli. Nilai utama dari sebuah alat musik adalah suaranya. Asalkan kamu sudah pas dengan suara yang keluar dari gitar akustik tersebut, harusnya kamu sudah tidak perlu lagi khawatir.