Varian Menu Telur Dan Roti
Siapa yang tidak suka roti bakar dan telur? Dari tua sampai muda menyukai sajian ini karena sederhana,lezat dan mengenyangkan. Ada rasa asin, gurih, manis, maupun pedas dari bahan-bahan yang digunakan. Banyak restoran dan kedai menjualnya sebagai menu sarapan maupun camilan sore hari. Seiring dengan tren, beragam varian roti ini semakin bermunculan.
Tetapi sekarang telur sudah bukan satu-satunya yang bisa di kombinasikan dengan roti , sekarang sudah bisa menggunakan daging ,keju,mayonnaise dan sebagainya sebagai topping atau penambah.Begitu pula dengan saus serta kemasan yang membungkusnya. Tak ayal, sajian roti panggang telur menjadi sebuah menu yang membuat penikmatnya ketagihan
1. Roti Bakar Telur Renyah
Roti bakar telur bermodalkan 3 bahan utama saja? Jangan bingung, ini adalah kombinasi orisinil dengan memanfaatkan bahan yang minimalis. Sangat mudah di temui di berbagai kafe dan restoran, menu ini memiliki banyak penggemar karena nikmat dan mengenyangkan. Kita bisa menikmatinya sebagai sarapan maupun camilan di kala santai.
Tidak perlu keluar rumah untuk membelinya, kini kita bisa membuatnya dengan mudah. Siapkan tiga bahan utamanya, yaitu roti tawar, telur, dan margarin. Kocok telur secara terpisah, bisa tambahkan garam dan merica sebagai penambah rasa. Panaskan margarin di wajan anti lengket dengan api sedang. Tuangkan kocokan telur di wajan hingga menutupi permukaan wajan. Taruh dua lembar roti tawar di atas telur. Balik telur dan roti.
Untuk mayonaise , saus tomat atau sambal bisa di tambahkan di atas roti bakar , roti bisa di lipat dan di makan.
2. Roti Bakar Telur Daging
Mau hidangan apapun itu, kehadiran daging asap (smoked beef) akan membuatnya menjadi lebih istimewa, termasuk tentunya roti bakar. Kombinasikan dengan irisan sayur, agar terasa lebih segar saat disantap. Untuk kreasi ini, tak jarang menjadi menu makan siang yang mengenyangkan.
Cara membuatnya mudah sekali. Pertama, panaskan sedikit minyak di wajan anti lengket. Pecahkan telur di wajan, lebarkan telur dengan spatula secara perlahan. Taruh roti tawar di atas telur. Taruh satu lembar daging asap di atas roti, tambahkan mayones, tambahkan saus favoritmu seperti teriyaki. Kemudian, tambahkan irisan sayur seperti selada dan tomat. Letakkan satu roti tawar lagi di atasnya dan gulung perlahan roti sehingga telur membungkus bagian luar roti. Sajikan selagi hangat untuk makan siang yang praktis dan nikmat.
3. Roti Bakar Telur Dadar Creamy dengan Peterseli
Variasi kali ini menawarkan kreasi yang creamy dan gurih. Jika bosan dengan roti tawar putih, kamu bisa menggantinya dengan roti gandum. Tambahannya adalah menggunakan peterseli kering. Tak perlu bingung, peterseli kering ini bisa diganti dengan daun bawang cincang. Kedua jenis sayuran ini akan memberi aroma yang khas pada roti setelah matang. Selain aroma, rasa telur pada roti pun semakin kaya. Sajikan kreasi ini sebagai camilan sore hari di rumah bersama keluarga.
Berikut cara membuatnya. Pertama, kocok telur dalam mangkuk. Tambahkan peterseli kering dan 2 sendok makan susu cair ke kocokan telur. Bagi kamu pencinta pedas bisa menambahkan saus sambal, dan tambahkan juga bawang goreng ,sedikit garam dan aduk rata. Lalu panaskan wajan dengan margarin dan tuangkan kocokan telur ke wajan. Letakkan roti tawar di atasnya, masak hingga telur matang. Lipat telur ke arah dalam dan masak hingga kedua sisi roti agak kering. Angkat dan santap selagi hangat. Bukan hanya gurih yang didapat, kamu juga bisa nikmati sensasi pedas yang lezat!
4. Roti Bakar Telur Sosis Meleleh
Sosis adalah makanan yang biasa wajib ada di kulkas, satu kreasi lagi untuk membuat roti bakar telur adalah dengan memanfaatkan sosis. Semakin spesial dengan parutan keju meleleh yang menambah tekstur creamy dan rasa asin. Setelah matang, bungkus dengan kertas roti dan siap dijadikan sebagai bekal.
Berikut cara praktis membuatnya. Pertama, kocok telur dalam mangkuk, tambahkan garam, merica, dan potongan sosis. Panaskan margarin di wajan, tuang kocokan telur di atasnya hingga menutupi permukaan. Taburi parutan keju di atas telur dan taruh roti tawar di atasnya. Beri mayones dan saus tomat jika perlu, masak hingga telur matang. Lipat telur ke arah dalam, masak hingga kedua sisi roti mengering. Angkat dan bungkus dengan teknik menggulung.
Dari keempat pilihan di atas, kreasi mana yang mau kamu buat untuk sarapan besok pagi? Apapun pilihanmu, selama ada roti tawar, telur di dapur, roti bakar kekinian bisa melengkapi momen-momen santai dan seriusmu di rumah ,