Kucing Raksasa
Kucing Maine adalah jenis kucing yang sangat istimewa , karena kucing Maine memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari ukuran kucing pada umumnya. Meskipun kucing Maine memiliki tubuh yang kuat dan ukuran tubuh yang besar ,tetapi kucing Maine kurang jinak .
Dengan umur rata-rata sekitar 15 tahun, berat rata-rata hingga 10-20 kg, dan panjang tubuh hingga sekitar 120 cm, kucing Maine juga memiliki keunikan yang tidak akan terlupakan .
Mari pahami dan pelajari cara membesarkan kucing Maine:
(1) Pemberian Makanan
1. Daging:
Meskipun pola makan kucing harus berbahan dasar daging, tetapi dengan memberi makan kucing hanya dengan berbahan dasar daging akan menyebabkan asupan mineral dan vitamin yang tidak merata, yang kedapannya akan menyebabkan gangguan metabolisme tulang yang serius.
2. Hati Hewan:
Beberapa kucing menyukai hati hewan dan menolak makan makanan lain. Hati hewan mengandung vitamin A dalam jumlah besar, tetapi asupan vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan kekakuan otot, nyeri leher, deformasi tulang dan sendi, serta penyakit hati.
3. Makanan Tinggi Lemak:
Jika makanan kucing banyak mengandung ikan berlemak tinggi atau daging berlemak yang tidak segar akan menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang luar biasa pada lemak tubuh kucing.
4. Ikan Mentah:
Beberapa ikan mentah mengandung enzim yang dapat menghancurkan vitamin B1, dan kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit saraf pada kucing.
5. Makanan Anjing:
Nutrisi dalam makanan anjing dan makanan kucing tidak sama karena nutrisi dalam makanan anjing tidak dapat memenuhi kebutuhan kucing. Meskipun anjing dan kucing adalah karnivora, tetapi kebutuhan nutrisi anjing tidak sebesar kucing.
6. Minyak Hati Ikan Kod:
Konsumsi minyak ikan kod yang berlebihan dapat menyebabkan asupan vitamin A dan vitamin D yang berlebihan, yang kedepannya dapat menyebabkan penyakit tulang.
(2) Perawatan Diri
Kucing Maine memiliki bulu panjang yang membutuhkan perawatan secara rutin untuk mencegah kekusutan. Yang terbaik adalah melakukan perawatan secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Anda juga perlu memperhatikan suasana hati kucing Anda sebelum melakukan perawatan. Jika dia melawan, pastikan untuk tidak memaksanya.
(3) Metode dan Langkah-Langkah Perawatan
1. Pertama, gunakan sisir logam untuk membuka bulu yang kusut dan perhatikan bintik-bintik hitam yang terinfeksi kutu saat menyisirnya. Bintik-bintik hitam adalah kotoran kutu, jadi singkirkan dengan hati-hati.
2. Sisir searah pertumbuhan bulu/rambut , dan sisir dengan lembut agar tidak menyakiti kucing.
3. Setelah disisir, akan ada bulu rontok yang menempel di bulu, jadi singkirkan dengan sikat karet.
4. Dalam merawat bulu agar kilap, yakni dengan cara oleskan beberapa tetes pelindung bulu setiap beberapa minggu untuk membantu menghilangkan minyak dan mengembalikan warna dan kilau bulu kucing.
5. Mengelus secara teratur dan mengikuti pola makan yang sehat juga akan membuat bulu lebih berkilau.