Destinasi Solo Travelling
Kesehatan mental kini telah menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh sebagian besar orang di dunia. Banyak yang memilih untuk bepergian dengan teman-teman dekat demi meningkatkan mood, namun banyak juga yang memilih untuk bepergian sendirian (Solo Travelling) untuk mencari ketenangan.
Berikut ini adalah tempat-tempat yang sekiranya bisa kalian kunjungi untuk Solo Travelling:
1. Bali
Sebagai salah satu destinasi wisata populer dan favorit di Indonesia, jelas Bali menjadi destinasi yang juga ramah terhadap solo traveller. Tapi, solo traveling ke Bali nggak melulu harus ke pantai atau menikmati hingar-bingarnya suasana di Kuta, lho!
Jika kamu ingin pengalaman solo traveling yang lebih tenang, cobalah jelajahi kawasan Ubud di mana kamu bisa melihat sisi lain dari Pulau Dewata yang tak kalah menawan. Kawasan yang terkenal akan panorama asri nan hijau ini telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata mulai dari akomodasi, tempat-tempat makan, dan tentunya berbagai objek wisata yang menjadikan solo travelling ke Ubud menjadi lebih menarik.
2. Labuan Bajo
Labuan Bajo kerap menjadi semakin populer di kalangan para solo traveller. Tidak hanya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata, Labuan Bajo juga menyajikan pengalaman yang tidak jauh menyenangkan daripada bepergian ke luar negeri. Selain itu, destinasi wisata ini juga dapat dikunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebihan. Sebagai contoh masalah penginapan, ketika bepergian kamu bisa menggunakan hostel sebagai alternatif tempat kamu menginap. Tentu fasilitas yang akan kamu dapatkan sesuai dengan budget yang kamu keluarkan.
3. Gunung Batu Jonggol
Lokasi Gunung Batu Jonggol terletak di Bogor, yang tidak begitu jauh dari ibu kota yang ramai. Hanya dengan melakukan perjalanan sekiranya 2-3 jam, kamu bisa melakukan solo travelling ke tempat ini. Memang, Kota Bogor terkenal dengan beberapa wisata kulinernya yang sudah melegenda, namun, tidak ada salahnya jika kamu pergi ke Bogor dan menaiki Gunung Batu Jonggol. Gunung Batu Jonggol cocok buat kamu yang ingin menghabiskan liburan atau menenangkan pikiran sambil mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi tapi cukup menantang.
Hal yang paling menarik dari Gunung Batu Jonggol ini adalah kamu dapat melihat panorama alam Jawa Barat yang luas membentang serta indah dari atas puncaknya.
4. Gunung Bromo
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS tentu saja sudah sangat populer sebagai destinasi wisata utama di Indonesia. Di tempat ini, kamu dapat menemukan banyak hal menarik yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain. Mulai dari lautan pasir yang luas, ceremonial adat suku Tengger, sampai gunung-gunung esktotis yang sangat memikat untuk dipandang. Gambar pemandangan alam yang indah di kawasan Bromo memiliki daya tariknya sendiri untuk kamu nikmati. Pada sudut yang tepat dan waktu yang sempurna, kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang membiaskan kilauan horizon di antara gugusan gunung-gunung yang membentuk siluet yang super keren.
Nah, berikut adalah beberapa tempat indah dan menenangkan yang bisa kamu kunjungi jika ingin melakukan solo travelling. Selain dapat menenangkan pikiranmu di tengah-tengah kesibukan dan tekanan pekerjaan, kamu juga bisa bertemu dengan banyak teman baru saat melakukan perjalanan tersebut. Tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelumnya, namun, jangan jadikan itu sebagai penghalang bagi kamu untuk menelusuri setiap tempat indah yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.