Wisata Antelope Canyon
Amerika Serikat selain memiliki gedung-gedung pencakar langit, juga dihiasi oleh pemandangan alam indahnya yaitu Antelope Canyon.
Antelope Canyon merupakan salah satu ngarai yang terletak di Arizona, Amerika Serikat. Daerah ngarai ini masuk ke dalam kompleks Navajo Indian Reservation, daerah penampungan terbesar untuk suku Indian Diné dari Amerika Utara, yang juga disebut Navaho atau Navajo.
Antelope Canyon paling terkenal karena tujuan fotografinya dimana pengunjung dapat menangkap sihir alam saat cahaya matahari menyinari batu pasir yang memantul di sekitar dinding tebing dan memberikan pertunjukan silau cahaya yang fenomenal.
Antelope Canyon merupakan sebuah celahan bumi hasil dari proses erosi batuan pasir Navajo karena angin dan air selama ribuan tahun. Pada musim angin muson, air hujan akan mengalir ke cekungan memanjang yang terletak di atas bagian celah ngarai.
Aliran air yang semakin cepat membuat butiran-butiran pasir masuk ke dalam lorong-lorong sempit. Lorong tersebut kemudian terkikis dan semakin dalam hingga membuat kesan seperti mengalir pada dinding batu. penduduk Navajo memberikan nama Antelope Canyon Atas atau The Crack, dan Antelope Canyon Bawah atau The Corkscrew pada tebing dan lereng itu. Penduduk sekitar juga memiliki penyebutan tersendiri pada Antelope Canyon Atas yaitu 'Tse' bighanilini' yang berarti tempat air mengalir melalui bebatuan. Sementara Antelope Canyon Bawah sering disebut dengan 'Hasdestwazi' yang berarti bebatuan spiral. Pantulan sinar matahari membuat dinding-dinding vertikal Antelope Canyon berubah warna.
Adapun warna-warna yang berubah itu mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pada musim panas, wisatawan bisa melihat pancaran sinar matahari yang masuk melewati celah-celah dan membentuk keindahan di tengah lorong bebatuan pasir. Penduduk setempat biasa menyebut hal tersebut dengan 'A God Speaking From on High'. Akses menuju Antelope Canyon terbilang mudah jika kamu menggunakan kendaraan mobil. Jika kamu dari Las Vegas maka akan menempuh waktu sekitar 4 jam 30 menit hingga sampai di sana.
Meskipun medan pendakian di area ini sebagian besar datar, permukaan pasir dan batu pasir selalu menyulitkan pijakan Anda. Upper Antelope Canyon adalah bagian yang lebih mudah untuk didaki, dengan pintu masuk dari permukaan tanah. Untuk kembali ke area parkir, pengunjung melakukan perjalanan selama 20 menit di jalan berpasir dengan bagian tangga logam yang curam dan jalan setapak di sepanjang jalan.
Ngarai Antelope Bawah menarik lebih banyak petualang, yang menavigasi pendakian berpasir yang lebih panjang untuk sampai ke ngarai dan melakukan beberapa perubahan ketinggian dengan tangga dan tangga untuk masuk ke ngarai. Pejalan kaki dapat menemukan lebih banyak waktu jejak di Page Rimview Trail sepanjang 9,8 mil. Jejak mengarah ke pemandangan ngarai, Danau Powell, Bendungan Glen Canyon dan formasi batuan yang dramatis di daerah tersebut.
Nah itu dia informasi mengenai Antelope Canyon. Semoga bermanfaat!