Merawat Sepatu Seluncur
Seperti kata pepatah, “Seorang pekerja harus terlebih dahulu mengasah alatnya jika dia ingin melakukan pekerjaannya dengan baik”.
Memilih sepasang sepatu yang tepat untuk Anda tidaklah mudah jika Anda ingin belajar cara bermain sepatu seluncur dengan baik.
Ada tiga jenis skater, yakni pemula, skater menengah, dan skater tingkat lanjut, dan ada nilai skate yang berbeda untuk level skater yang berbeda. Sepatu seluncur harus pas seolah-olah Anda mengenakan kaus kaki dan seolah dibuat khusus agar pas dengan kaki Anda. Seharusnya tidak ada kelonggaran di bagian tumit. Setiap bagian yang kendor dapat menyebabkan lecet di tulang di kaki dan akan menyulitkan Anda saat menggunakannya.
Jika Anda memilih skate yang tepat dan bermain skate beberapa kali seminggu, maka Anda hanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga minggu untuk beradaptasi.
Jika setelah 5-6 bulan kaki Anda masih sakit, berarti Anda salah memilih skate atau tidak sesuai dengan level skating Anda. Melepuh, sakit kaki, sakit di bagian tulang adalah hal yang normal di awal percobaan.
Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilik skate.
1. Lihat Apakah Bilahnya Lurus
Pegang skate terbalik, dengan bilah menghadap ke atas dan mulut skate menghadap ke bawah, dan gunakan satu mata untuk melihat apakah bilah berada dalam garis lurus, semakin lurus bilah semakin baik.
Jika ada luka yang dalam pada bilahnya, itu akan mempengaruhi efek seluncur, jadi saat membeli sepatu skate baru Anda harus mencoba memilih sepatu dengan potongan yang dangkal.
2. Lihat Apakah Sepatu Seluncurnya Mengkilap
Beberapa sepatu seluncur tidak bagus karena kualitas baja atau lapisan peraknya. Permukaan badan pedang mulai berkarat dan lapisan perak menutupinya. Sepatu seluncur es yang bagus harus sangat terang, tanpa bekas karat di permukaannya.
3. Lihat Artikulasi Seluncur Es
Sepatu seluncur es harus ditempatkan di tengah, bilah kaki kiri sepatu sedikit ke kanan defleksi sekitar 15 derajat, dan bilah kaki kanan defleksi sedikit ke kiri sekitar 15 derajat.
4. Lihat Apakah Ukurannya Sesuai
Ukuran sepatu seluncur harus sesuai dengan ukuran kaki Anda, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Saat mencoba sepatu roda harus dilonggarkan semua talinya lalu ditarik kencang secara bergantian. Anda harus pastikan bahwa nomor sepatu tersebut cocok sebelum Anda membelinya.