Minyak Zaitun
Saat ingin membeli minyak goreng, terlihat bahwa terdapat minyak zaitun yang juga dijual.
Meskipun minyak zaitun biasanya lebih sedikit digunakan untuk digoreng, ia masih menjadi bagian besar dari kehidupan masyarakat.
Harga minyak zaitun sangat tinggi, ini dikarenakan kandungan khasiat dan efeknya yang banyak. Minyak zaitun memiliki manfaat kesehatan alami yang sangat baik, manfaat kecantikan, dan ideal untuk memasak. Di sini, kami akan memberi tahu Anda lebih lanjut tentang manfaat dan efek minyak zaitun sehingga Anda dapat lebih memahami keberadaannya. Minyak zaitun dikenal sebagai "emas cair" di Barat dan disenangi oleh semua orang bukan hanya karena aromanya yang khusus, tetapi juga karena manfaat kesehatan alami yang sangat baik, manfaat kecantikan, dan kegunaan memasak yang ideal.
Mari pahami bersama kandungan minyak zaitun yang luar biasa ini dan pelajari manfaat kandungan polifenol dan lipopolisakarida di dalamnya, yang sering digunakan untuk membuat makanan untuk astronot karena sifat anti radiasinya. Orang yang sering menggunakan komputer melihat minyak zaitun sebagai produk perawatan kesehatan yang baik untuk perawatan kulit. Sebelum menggunakan komputer untuk waktu yang lama, Anda bisa memijat area wajah dan mata dengan minyak zaitun, atau Anda bisa menggunakan produk mandi yang kaya akan minyak zaitun untuk mencapai efek yang sama.
Harap perhatikan bahwa efek perlindungan radiasi bervariasi tergantung pada kandungan minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun adalah minyak yang sangat kuat yang bisa digunakan tidak hanya untuk perawatan kecantikan tetapi juga untuk minyak masak.
Jadi apakah itu berarti minyak zaitun tidak bisa digunakan untuk menggoreng?
Minyak zaitun dapat digoreng, tetapi minyak zaitun murni yang terbuat dari buah zaitun yang belum matang dan tidak diolah, yang tidak hanya memiliki banyak asam lemak bebas tetapi juga memiliki warna hijau kekuningan, yang memiliki klorofil, zat fotosensitif yang mempromosikan oksidasi, sehingga tidak cocok untuk suhu tinggi dan pemanasan dalam waktu yang lama.
Lebih baik menggunakan minyak zaitun untuk hidangan dingin, atau hidangan yang hanya dipanaskan ringan, karena aroma zaitun khusus akan hilang dengan pemanasan, sama seperti minyak wijen yang digunakan untuk menggoreng akan membuang aromanya. Berbeda dengan minyak herbal, minyak zaitun, karena sifat antioksidannya dan kandungan asam lemak tak jenuhnya yang sangat tinggi, memungkinkan struktur kimianya tetap stabil pada suhu tinggi. Ketika kita menggunakan minyak masak umum dan suhu minyak melebihi titik asap, struktur kimia minyak dan lemak akan berubah dan zat karsinogenik akan diproduksi.
Namun, titik asap minyak zaitun adalah antara 240 dan 270 derajat Celsius, yang sudah jauh lebih tinggi dari titik asap minyak masak umum lainnya. Oleh karena itu, minyak zaitun dapat digunakan berulang kali tanpa kerusakan dan merupakan minyak yang paling cocok untuk digoreng. Kedokteran modern telah membuktikan bahwa minyak zaitun dapat mencegah arteriosklerosis dan komplikasinya, seperti hipertensi, penyakit jantung, gagal jantung, gagal ginjal, dan pendarahan otak.
Studi telah mengkonfirmasi bahwa makanan Mediterania, yang ditandai dengan minyak zaitun, adalah pola makan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Minyak zaitun dapat meningkatkan fungsi lambung, limpa, usus, hati, dan saluran empedu, mencegah batu empedu, dan memiliki efek penyembuhan pada gastritis dan tukak lambung-duodenum. Selain itu, minyak zaitun memiliki beberapa efek pencahar.
Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa kadar glukosa di dalam tubuh orang sehat dapat dikurangi sebesar 12% setelah mengonsumsi minyak zaitun, membuatnya menjadi minyak makanan terbaik untuk mencegah dan mengontrol diabetes. Selain itu, minyak zaitun meningkatkan fungsi metabolik organisme.