Sejarah perkembangan keramik
Keramik memiliki sejarah yang panjang. Keramik sederhana dan kasar pertama kali ditemukan pada masa Neolitikum. Pada masa kuno, keramik adalah jenis kebutuhan sehari-hari, dan pada saat ini, umumnya digunakan sebagai koleksi kerajinan tangan. Earthenware dibakar untuk memperkuat ketahanannya, jika tidak, ini akan pecah dan merembes.
Penemuan keramik adalah awal penggunaan oleh manusia atas perubahan kimia untuk mengubah sifat awal kehidupan manusia dari zaman Paleolitikum ke zaman Neolitikum. Dipercaya bahwa keramik pertama dibuat dengan tangan dan dibakar di atas api unggun. Waktu pembakarannya singkat, tetapi suhu maksimum api dapat sangat tinggi, sekitar 900℃, dan dapat dicapai dengan cepat.
Tanah liat dicampur dengan pasir, kerikil, cangkang pecah, atau keramik pecah untuk membuat keramik api unggun, karena ini memberikan bilet terbuka yang memungkinkan air dan komponen volatil lainnya keluar dengan mudah.
Partikel kasar dalam tanah liat juga berfungsi untuk membatasi penyusutan internal dari tubuh keramik selama pendinginan, yang terjadi dengan kecepatan lambat dan mengurangi kemungkinan stres termal dan kerusakan. Keramik api unggun awal terutama berbentuk berbentuk dengan bagian bawah bulat untuk menghindari sudut tajam yang membuat retak lebih mudah.
Mesin kiln pertama yang sengaja dibuat adalah kiln gua atau parit, di mana lubang digali di tanah dan diisi dengan bahan bakar. Lubang di tanah memberikan isolasi yang optimal, memungkinkan kontrol yang lebih besar terhadap proses pembakaran. Keramik adalah penemuan yang paling penting dalam sejarah evolusi manusia. Untuk waktu yang lama, pembakaran keramik, pertanian, penggilingan batu, dan konstruksi rumah dianggap sebagai empat simbol dari transisi dari zaman Paleolitikum ke zaman Neolitikum.
Hampir semua budaya Neolitikum di seluruh dunia ditemukan dengan keramik. Meskipun mereka memiliki perbedaan yang besar dalam waktu dan teknik, keramik ini memainkan peran yang tidak tergantikan dalam sejarah perkembangan manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, dengan penemuan keramik lebih dari sepuluh ribu tahun di seluruh dunia, orang menyadari bahwa penemuan keramik dapat ditelusuri kembali ke akhir Zaman Paleolitikum, kemunculannya dan Zaman Neolitikum tidak selalu terkait, beberapa daerah di Zaman Neolitikum awal tanpa keramik, beberapa daerah telah menemukan keramik tetapi masih dalam Zaman Paleolitikum. Jadi, dari mana datangnya keramik tertua dalam sejarah manusia?
Di seluruh dunia, arkeologi keramik dimulai lebih awal dan mencapai hasil terobosan. Pada tahun 1924 dan 1925, arkeolog Ceko Karel Absolon menemukan budaya Gravite yang berusia 29.000-25.000 tahun di Lower Vestnietzsche, selatan Moravia di Republik Ceko. Lebih dari 2.000 pecahan keramik ditemukan.
Terutama gambar binatang, dan sebagian besar berupa patung keramik. Salah satu yang paling representatif adalah patung kecil yang mewakili bentuk seorang wanita. Mirip sekali dengan Venus dari cinta. Ini adalah keramik tertua yang diketahui di dunia. Hulu tengah dari sungai Indus dan Ganges di Asia Selatan juga merupakan tempat kelahiran utama peradaban manusia.
Keramik ditemukan lebih awal di sini. Misalnya, situs untuk membuat dan menggunakan alat ditemukan di Language, Gujarat, India, yang merupakan situs khas dari Zaman Mesolitikum di India. Beberapa keramik kasar juga ditemukan, yang berusia sekitar 10.000 tahun, menjadikannya keramik tertua yang pernah ditemukan di Asia Selatan.