Gitar Klasik Tua
Gitar adalah alat musik instrumen yang dipetik, Biasanya gitar memiliki enam senar, dengan bentuknya yang mirip biola.
Gitar juga sering digunakan sebagai instrumen utama dalam musik pop, rock, blues, lagu rakyat, dan flamenco. Dalam musik klasik, gitar sering di mainkan secara solo maupun duet. Tentu saja, dalam musik kamar dan musik orkestra, gitar juga memainkan peran pembantu yang cukup besar.
Gitar klasik, biola, dan piano masuk dalam daftar tiga instrumen terkenal di dunia.
Gitar memiliki sejarah panjang sejak dua ribu hingga tiga ribu tahun yang lalu di berbagai peradaban kuno seperti Mesir, Nepal, Babilonia, dan Persia. Peradaban ini memiliki berbagai jenis instrumen yang dipetik. Instrumen tertua yang diketahui mirip dengan gitar modern adalah gitar Het yang ditemukan oleh para arkeologi di gerbang kota Het kuno di Asia Kecil dan Suriah utara, yang ada sebelum 1400 SM.
Getaran suara yang khas dari gitar dan irama musik tersebut dapat dikaitkan dengan notasi yang melengkung dari 8 notasi tubuhnya, hal ini telah menjadi ciri penentu yang dapat membedakannya dengan alat musik petik lainnya. Karakteristik yang elegan ini sangat penting untuk keunggulan alat musik instrumen tersebut.
Pada abad ke-13, istilah "gitar" berasal dari bahasa Persia dan diubah ke dalam bahasa Spanyol. Pada masa itu, sudah ada dua jenis gitar yaitu "gitar Moor" dan "gitar Latin". Gitar Moor memiliki punggung berbentuk oval, dengan senar logam, dan memiliki gaya permainan yang kasar. Di sisi lain, gitar Latin memiliki struktur datar berbentuk angka 8 yang mirip dengan gitar modern, dengan senar seperti usus, dan memiliki bentuk yang elegan.
Pada masa Renaisans, gitar berada pada puncak popularitas dan keunggulannya. Gitar empat senar dan riviera yang dimainkan dengan jari ini, keduanya sangat digemari karena penampilan dan komposisinya yang luar biasa. Master gitar dan bivera pada masa itu adalah Milan, Nalevais, serta Mandala. Dan pada abad ke-17, master gitar Baroque, yang terdiri dari lima grup dengan aransemen string yang rumit, termasuk Sanse, Corbetta, dan Vishay juga berkontribusi pada evolusi instrumen.
Sebagian dari karya mereka tetap menjadi harta abadi dalam daftar gitar klasik modern. Dan pada saat itu, notasi musik yang digunakan oleh gitar, Biviras, dan instrumen lainnya bukanlah notasi staf saat ini.
Alih-alih, garis horizontal yang digunakan untuk mewakili setiap senar, dan angka atau huruf yang digunakan untuk mewakili posisi fonologis serta penjarian, hal ini mirip dengan notasi heksagon yang digunakan pada gitar rakyat saat ini.
Gitar klasik juga termasuk jenis gitar. Alat musik tersebut memiliki kategori yang sama dengan harpa dan kecapi. Pada papan jari, terdapat 12 karakter mulai dari bantalan senar hingga sambungan gagang dan kotak instrumen. Pada papan jari lebar, senar yang digunakan adalah nilon sehingga menghasilkan kualitas suara yang murni, tebal, serta warna suara yang kaya dan tidak ada pelat pelindung.
Gitar klasik ini biasanya digunakan untuk memainkan musik klasik yang memiliki persyaratan ketat. Mulai dari postur bermain hingga sentuhan jari pada senar dan keterampilannya yang mendalam. Hal ini termasuk dalam kualitas artistik tertinggi, signifikansi paling representatif, adaptasi paling luas dan paling dalam, serta paling diakui oleh dunia seni dalam dunia gitar.
Gitar klasik adalah instrumen yang dibuat lebih dari 200 tahun yang lalu menggunakan senar nilon dan di atur berdasarkan polanya. Susunan gitar klasik sangat berbeda dari susunan instrumen lainnya. Sebagian besar gitar klasik adalah solois, dengan mempertimbangkan sejumlah ansambel, kolaborasi, dan sebagainya. Jari yang memainkannya harus secara langsung menggabungkan berbagai teknik bermain yang khusus.
Dalam hal pertunjukan musik, gitar klasik adalah jenis iringan yang seringkali memainkan musik klasik, terkadang juga memainkan musik klasik yang lebih modern. Suara yang dihasilkannya cantik serta dapat dimainkan dengan banyak jenis musik yang berbeda dari waktu dan tempat yang berbeda.
Gitar klasik adalah alat musik yang paling artistik dibandingkan dengan jenis gitar lainnya. Gitar klasik ini merupakan jenis gitar yang paling luas, paling mendalam, paling representatif, serta paling diakui oleh dunia seni rupa. Dari postur bermain hingga jenis senar yang dipakai adalah persyaratan yang ketat dan keterampilan yang sangat mendalam. Terutama gitar ini digunakan untuk memainkan musik klasik dengan kemampuan kinerja harmoni multi-bagian yang mewah, serta menghasilkan timbre halus yang dapat diubah, juga dapat menafsirkan musik dari periode, gaya, dan kebangsaan yang berbeda dengan bebas.