Donat
Donat adalah makanan manis dengan campuran tepung, gula, krim, dan telur lalu digoreng. Dua bentuk donat yang paling umum adalah cincin berongga, atau donat tertutup dengan isian manis seperti krim atau telur di tengah adonan.
Donat juga merupakan salah satu hidangan penutup paling populer di Amerika Serikat. Anda dapat menemukan donat di setiap toko kue atau restoran cepat saji. Anak-anak berumur lima tahun dan orang tua berumur 75 tahun sangat menyukai makanan yang biasanya disajikan untuk camilan ini.
Di Asia, donat biasanya disantap sebagai cemilan, namun di Amerika Serikat, banyak orang yang memakannya sebagai sarapan bahkan merayakan Donut Day.
Suatu hari di tahun 1940, Kapten Gray yang semasa kecil suka makan roti goreng ibunya, menemukan bahwa bagian tengah roti goreng belum matang sepenuhnya karena belum digoreng cukup lama. Jadi ibu Gray memotong bagian tengah roti goreng, menggorengnya kembali, dan ternyata roti goreng itu lebih enak, jadi mereka menamakannya donat.
Karena donat dibuat dengan minyak panas. Oleh karena itu, rahasia donat yang enak terletak pada cara membuat donat yang benar-benar digoreng dalam waktu singkat, dan dari cara ibu Gray yang cerdik, terpancar perhatian dan kasih sayangnya.
Donat adalah sejenis makanan bersejarah. Bukan hanya menjadi makanan ringan sehari-hari, tetapi juga mengandung sejarah cinta dan kasih sayang di dalamnya.
Eugenie Cheney, seorang dosen matematika di Universitas Sheffield, telah menggunakan rumus kalkulus untuk mengetahui mengapa donat rasanya enak.
Dia menghitung bahwa donat yang sempurna harus berdiameter antara 72 mm dan 82 mm, dengan diameter optimal 11 mm untuk lubang bundar di tengah.
Bagi Anda yang menyukai kulit yang renyah, Anda bisa membuat lubangnya lebih lebar. Dia juga menghitung jumlah frosting yang optimal untuk donat: 5,8 gram. Tapi dia juga mengatakan, "Sangat mudah untuk dibingungkan oleh kalkulus, jadi makanlah apa yang kamu suka."
Lalu bagaimana cara membuat donat yang enak di rumah? Berikut cara-caranya:
Bahan Utama:
- Tepung 300gram
- Gula halus 20gram
- Mentega 20gram
- Ragi 3gram
- Telur 2pcs
- Sedikit garam
Langkah-Langkah:
1. Tambahkan 20gram tepung terigu, 2 butir telur, dan sedikit garam.
2. Campur ragi dengan sedikit air hangat dan tuangkan ke dalam tepung. Uleni menjadi adonan halus.
3. Potong mentega menjadi potongan-potongan kecil untuk melunakkannya.
4. Tambahkan ke adonan, dan uleni lagi.
5. Uleni perlahan adonan beragi tersebut, tekan menjadi bentuk cincin dengan cetakan donat, dan tunggu sekitar setengah jam sampai adonan mengembang (fermentasi sekunder).
6. Rebus minyak dalam penggorengan.
7. Goreng donat hingga berwarna cokelat keemasan di kedua sisinya lalu angkat dan tiriskan.
8. Taburi dengan gula halus selagi masih panas.